Pendampingan Koperasi#1

Rabu, 6 Februari 2013 Koperasi Wanita Karya Perempuan mandiri mengadakan rapat pengurus. Dimana agenda dalam rapat pengurus adalah evaluasi paska RAT pada tanggal 15 Januari 2013 dan work plan pengurus koperasi pada bulan Februari tahun 2013. Sebelum rapat pengurus bendahara dengan didampingi pendamping melakukan penataan laporan keuangan per Januari 2013. setelah selesai pembenahan laporan keuangan, pengurus memulai rapat pengurus. dimana dalam rapat pengurus hanya dihadiri oleh 4 pengurus (60%) dari jumlah pengurus yang ada.

Rapat pengurus dimulai dengan evaluasi paska RAT pada tanggal 15 februari tahun 2013 di Balai Desa Watusigar. Dimana dalam evaluasi masing-masing pengurus menyatakan pendatnya bahwa dalam RAT tahu 2013 dirasa kurang menyentuh hal-hal substansi. hal-hal tersebut diantaranya adalahterkait kondisi pengurus yang kurang kompak dimana beberapa pengurus dan pengaws yang kurang aktif, kenaikan jumlah simpanan wajib dimana anggota tidak ada yang berpendapat, terkait dengan program kerja dll. Dari beberapa hal substansi yang kurang diperhatikan oleh anggota, pengurus memandang ada beberapa factor yang mendukung yang menyebabkan RAT kurang berhasil. Dimana salah satu faktornya adalah sambutan dari Dinas PERINDAGKOP & ESDM yang terlalu ngelantur kemana-mana dan tidak pada tempatnya sehingga menghabiskan waktu RAT. Kemudian selain itu pengururus yang kurang kompa, dimana sejak awal persiapan sampai dengan pelaksanaan yang menjalankan tugas hanya beberapa pengurus. dari factor-faktor penghambat tersebut, pengurus mengambil hikmah bahwa semua pengurus harus refleksi terhadap diri masing-masing dan segera mendiskusikan terkait pengurus yang kurang aktif dan kedepan pengurus harus displin serta tidak menunda-nunda pekejaan yang telah menjadi tupoksinya.

Agenda kedepan setelah paska RAT, pengurus mencoba untuk meningkatkan jumlah anggota dengan sosialisasi ke dusun-dusun bersama dengan ibu TP PKK Desa Watusigar. yang mana kedepan jika anggota telah banyak dimasing-masing wilayah makan akan dibagi menjadi 4 zona wilayah keanggotaanya yaitu Zona Barat, Zona Timur, Zona Selatan dan Zona Utara. Sehingga setiap bulan pertemuan anggota bisa bergilir dengan tempat dan waktu yang berbeda dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan wadah diskusi bagi anggota.

Selanjutnya terkait dengan usaha dagang, koperasi akan berniat untuk memperluas wilayah pemasaran yaitu di swalayan “Diva”. Hal tersebut akan dilakukan pengurus karena setelah dilakukan survey produk-produk koperasi selain telah mendapat ijin PEIRT juga kemasan serta kualitas jauh dari produk yang telah ada diswalayan. sehingga koperasi berani untuk bekerjasama dengan swalayan” Diva” sebagai mitra usahanya. selain itu dengan arahan pendamping kedepan untuk usaha dagang pembukuan akan disederhanakan sehingga mudah dibaca dan laporannya setiap bulan serta laba akan diberikan per akhir tahun.

Kemudian terkait dengan akses peningkatan modal koperasi, pengurus akan melihat dulu prosedur yang ada anatar di Bank Daerah Gunungkidul dan BMT Ahmad Dahlan. Selain itu koperasi mempunyai niat untuk sosialiasi ke instansi-instansi untuk menabung dikoperasi. hanya saja pada bulan Februari pengurus akan fokus pada peningkatan jumlah anggota, akses modal dengan pihak ke-3 dan perluasan wilayah usaha

Catatan Lain

Dalam koordinasi dengan pengurus KOPWAN_MUP Desa Kampung, pendamping menemukan terdapat perubahan kondisinya. Dimana ketua koperasi KOPWAN_MUP telah memasuki Pokja II PKK Desa Kampung untuk mengangkat tentang koperasi. Kemudian rapat pengurus koperasi akan dilaksanakan pada hari Selasa pada tanggal 12 Februari tahun 2012.

Surakarta, 8 Februari 2013

Yuliana

Staf Program Yayasan Satu Karsa Karya

This entry was posted in Catatan Lapangan, KOPWAN Karya Perempuan Mandiri, KOPWAN Mitra Usaha Perempuan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s