Sepenggal Cerita dari Pengorganisiran Masyarakat

Salah satu tahapan dalam sebuah aktivitas adalah pengorganisiran. Dalam rangka pelaksanaan kegiatan kampanye ekonomi kerakyatan melalui media radio, YSKK (Yayasan Satu Karsa Karya) sebagi pelaksana melakukan identifikasi peluang dengan para stakeholder yang berkaitan. Dimana dari proses identifikasi YSKK akan melakukan kerjasama dengan Radio “Handayani’ dan Dinas PERINDAGKOPESDM guna memperlancar kegiatan tersebut.

            Dalam proses kerjasama, Radio “Handayani’ dan Dinas PERINDAGKOP sangat terbuka menyabut aktivitas yang akan dilakukan YSKK. Dari Pihak radio tinggal menunggu kapan mulainya dan yang penting dikerjasamakan dengan pemerintah daerah. Kemudian untuk terkait biaya, pihak radio tidak memberikan tarif biaya untuk acara tersebut sehingga acara tersebut free cost. Kemudian dari pihak Dinas Perindagkopesdm, mereka sangat terbuka dan sepakat untu diadakan diskusi tersebut. Dimana yangterpenting adalah lembar kerjasamanya yang harus ada sehingga kedepan bias memperlancar aktivitas tersebut.

            Selain menjalin komunikasi dengan Dinas Perindagkopesdm dan radio “Handayani”, dalam rangka memfasilitasi koperasi memperoleh akses pinjaman YSKK membangun komuni kasi dengan Kepala bagian Koperasi. Dalam proses koordinasi para staf dan kepala bidang berada di tempat semua dan YSKK di sambut dengan baik dan terbuka. Dimana YSKK dengan beberapa staf bagian koperasi (Bapak Sigit, Madiyo, Saryanto, Suryanto dll) berdiskusi terkait dengan UU No 17 Tahun 2012, permodalan dan rencana aktivitas kampanye ekonomi kerakyatan. Dari diskusi diperoleh informasi diantaranya adalah:

  1. Bahwa UU No 17 tahun 2012 memang kurang pro terhadap rakyat kecil karena peluang orang luar untuk masuk sangat tinggi.
  2. Koperasi bias mengakses dana LPDB
  3. Koperasi mendukung dengan adanya diskusi terkait perkoperasian melalui media radio.
  4. Koperasi mendapatkan undangan dari dinas pada hari Jum’at, 15 Februari 2013 untuk sosialisasi permodalan

Selain membangun komunikasi dengan beberapa pihak terkait dengan program ekonomi kerakyatan, YSKK dalam rangka mengkaji UU perkoperasian No 17 Tahun 2012 melakukan pencarian data. Dimana dalam proses pencarian data diperoleh beberapa data diantaranya adalah;

  1. Kondisi koperasi di Gunungkidul baik dari segi jumlah anggota, jenis koperasi, jumlah modal dll
  2. Diperoleh data Gunungkidul dalam angka tahun 2012

Selanjutya YSKK melakukan pendampingan pertemuan anggota Koperasi Wanita ‘Karya Perempuan Mandiri” dan pendistribusian surat yang dititipkan Dinas Perindagkoesdm untuk diberikan ke KOPWAN_KPM, KOMPWAN_MUP dan KOPTAN_SAE. Dalam proses pendampingan pertremuan anggota KOPWAN_KPM di temukan beberapa hal, diantaranya adalah;

  1. Banyaknya permasalahan social yang terjadi dimasyarakat baik terkait dengan pernikahan dini, hamil diluar nikah, perselingkuhan dll
  2. Koperasi akan mengadakan pelatihan membuat intip. Hal tersebut dilakukan karena banyaknya permintaan beberapa relasi usaha dan beberapa pihak belum bias memenuhi.
  3. Jumlah anggota yang hadir dan tidak ijin sejumlah 25 orang dari 64 anggota. Kondisi yang sangat sedikitnya jumlah anggota yang hadir dikarenakan banyak anggota yang bertani di sawah.
  4. Adanya peningkatan 4 anggota koperasi.
  5. Koperasi kekurangan modal, dimana koperasi belum mampu memenuhi permintaan anggota.

Dalam proses pendistribusian suarat ke KOPTAN “SAE’ di sekitar Kantor Kecamatan Ngawen. Pihak Kecamatan dalam hal ini Kasi PMD sangat tidak kooperatif. Dimana beliu tidak mencerminkan sebagai seorang pemerintah yang wajib melayani dengan baik kepada masyarakat. Beliu ketika dimintai tolong sama YSKK untuk menyampaikan surat kepda pengurus koperasi, beliu malah mempersulit dan yang lebih parahnya surat yang seharusnya untuk koperasi beliu baca terlebih dahulu. Dengan panjang lebar akhirnya Kasi PMD Kecamatan Ngawen tidak mau dimintai tolong, padahal KOPTAN “SAE” kantornya ada didalam kantor kecamatan. Kemudian YSKK mencoba berkoordinasi dengan PKK dan Sekretaris Camat Ngawen, dimana hasilnya mereka sangat baik dan kooperatif dan akan menyampaikan surat tersebut.

Senin, 11 Februari 2013

Yuliana

Staf Program YSKK

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s