Pendampingan Koperasi#3

Berbicara desa tak lepas dari melimpahnya sumberda daya alam dan sumberdaya manusianya. Banyak program pemerintah yang diharapkan mampu mengangkat potensi desa menjadi potensi daerah. Hanya saja dalam perkembangannya, masih banyak potensi desa yang belim termanfaatkan.

Jum’at, 22 Februari 2013 dilakukan sebuah kunjungan usaha oleh pendamping YSKK ke dusun Dungmas, Desa Watusigar, Kabupaten Gunungkidul. Dalam kunjungannya pendamping YSKK didampingi oleh Ketua Koperasi Wanita Karya Perempuan Mandiri. Tujuan pendampingan adalah untuk mengetahui kondisi usaha anggota koperasi dan juga untuk mengetahui potensi yang bisa dikembangkan sehingga diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

Dalam proses kunjungan, pendamping mengunjungi usaha Bu Yatmini yang mempunyai usaha membuat onde-onde, rengginan dan keripik tela. Selain itu pendamping juga berkunjung ke anggota yang dulu punya usaha tapi kondisinya sekarang sudah tidak punya usaha yaitu Bu Budiatun.

Hasil kunjungan pertama ke rumah Bu Yatmini, dimana dalam proses kunjungan terdapat dialog antara ketua koperasi pendamping dan pemilik usaha. Dalam usahanya selama ini, Bu Yatmini produknya selalu laku dipasaran sehingga sering kekurangan modal.kekurangan modal disebabkan beliu tidak menerapkan managemen yang baik dimana tidak ada pemisahan antara uang usaha dengan uang rumah tangga. Sehingga seringkali karena kebutuhan rumah tangga banyak, akhirnya banyak pula uang usaha yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Selain itu, ketersediaan bahan baku yang harus mencari di wilayah lain. Sisi positif usaha yang dikembangan oleh beliu adalah dia melibatkan anggota yang lain yang tidak punya usaha yaitu ibu Ngadirah. Bu Yatmini berharap bahwa kedepan koperasi mampu juga mengambil peran untuk menyediakan bahan baku yang bisa diakses oleh anggota.

Dengan melihat potensi yang ada di dusun, dimana banyak kelobot atau kulit jagung yang tidak termanfaatkan pendamping merasa hal tersebut sangat disayangkan. Kemudian pendamping menggali informasi siapa yang dulu pernah mengembangkan kulit jagung menjadi bunga. Ternyata dalam bincang-bincangnya pendamping menemukan bahwa Bu Ngadirah pernah mengikuti pelatihan dari UGM untuk membuat aksesoris dari kulit jagung. Kemudian pendamping berkunjung ke tempat Bu Budiatun, dimana dalam kunjungannya beliu menyampaikan bahwa sebenarnya beliu mampu membuat bermacam-macam bunga dari kulit jagung,. Hanya saja yang menjadi kendala adalah pemasarannnya. Selanjutnya pendamping memberikan pancingan dengan memesan untuk dibuatkan 5 jenis bunga. Kemudian kedepan bunga buatan tersebut akan juga dipasarkan oleh koperasi. Kemudian beliu menyampaikan, dia akan membuatnya dan akan mengajak anggota koperasi yang lain.

Setelah kunjungan ke usaha anggota selesai, pendamping melakukan pemotretan produk usaha dagang koperasi untuk di promosikan ke group facebook “Industri Kreatif Perempuan” yang dibuat oleh pendamping. Selain itu pendamping akan membuatkan tata administrasi keuangan yang baik sehingga orang lain mudah membacanya. Karena selama ini laporan keuangan usaha dagang dianggap masih terlalu rumit untuk dipahami.

Pertemuan anggota Pra Koperasi Sekar arum

Pasca kunjungan ke usaha anggota, pendamping YSKK melakukan kunjungan ke pertemuan anggota pra koperasi “Sekar Arum”. Dalam pendampingan masih ditemukan ketidak disiplinan anggota dalam pertemuan anggota, dimana jumlah yang hadir baru 50%. Hal tersebut dikarenakan sibuknya anggota koperasi yang memiliki banyak baju. Kemudian dalam proses pertemuan, pendamping berbagi pengalaman terkait pendampingan di Desa Watusigar Ngawen dan hasilnya anggota pra koperasi yang 75% belum mempunyai usaha menginginkan punya usaha. Dimana usaha tersebut adalah yang memanfaatkan bahan baku local seperti di Watusigar. Sehingga bulan Maret 2013 akan diadakan pelatihan membuat souvenir dari kulit jagung. Selain itu karena anggota yang punya usaha belum teradministrasikan dengan baik maka pendamping akan membuatkan form untuk anggota yang mempunyai usaha.

Surakarta, 27 Februari 2013

Yuliana

Staf Program YSKK

This entry was posted in Catatan Lapangan, KOPWAN Karya Perempuan Mandiri, Pra Koperasi Sekar Arum and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s