Ketidak Profesionalitasan Lembaga Pelayanan Pemerintah Berdampak Pada Generalisasi Buruknya Pelayanan

Komunikasi lanjutan hasil kerjasama antara YSKK, Dinas PERINDAGKOP & ESDM serta Pihak Radio Handayani dalam rangka pelaksanaan dialog interaktif mengenai ekonomi kerakyatan pada Jum’at, 1 maret 2013 berjalan cukup lancer meskipun terdapat sedikit perubahan terkait dengan waktu.

Sebelum koordinasi dengan narasumber langkah awal yang dilakukan dalam rangka pelasanaanm dialog interaktif adalah melakukan koordinasi denga pihak radio handayani untuk finalisasi terkait dengan waktu. Dalam proses koordinasi, karena terdapat jadwal yang bersamaan dengan acara polres dan jadwal pada polres telah masuk terlebih dahulu maka terkait waktu terjadi perubahan dari sebelumnya hari Rabu menjai hari Kamis dan untuk terkait jamnya tetap sama yaitu pukul 11.00 WIB-12.00 WIB. Kemudian terkait dengan konsep tidak terdapat perubahan.

Setelah terdapat kepastian terkait waktu dan konsep acara , langkah selanjutnya adalah melakukan koordinasi dengan para narasumber yaitu dengan Dinas PERINDAGKOP & ESDM dan dengan Ketua Koperasi Karya Perempuan Mandiri. Dalam kordinasi dengan beberapa narasumber, tidak terdapat masalah hanya saja untuk narasumber yang dari Dinas PERINDAGKOP &ESDM perlu di konfirmasi H-1 sebelum pelaksanaan.

Kemudian dalam rangka untuk mengakses modal ke Bank Daerah gunungkidul dan menindaklanjuti beberapa surat permohonan untuk dinas PERINDAGKOP & ESDM memberikan surat rekomendasi langkah yang dilakukan adalah melakukan konfirmasi sejauhmana surat permohonan tersebut telah diproses. Setelah melakukan koordinasi ternyata surat yang telah dimasukan 3 hari sebelumnya oleh pengurus koperasi ternyata belum diproses dan berkas masih didiamkan dengan diatasnyua ditumpuk berkas-berkas yang lain. Selain itu karena dinas baru ada acara perpisahan dan kondisi kantor tidak ada yang menunggu, maka pengurus koperasi dan pendamping mencoba untuk sabar menunggu para pegawai pemerintah datangan dan memproses surat permohonan tersebut. Selanjutnya karena waktu bertepatan dengan hari jum’at banya pegawai dinas yang melakukan sholat jum’at. Akhirnya 4 jam menunggu, proses pembutan surat telah jadi.

Dalam rangka membayar kesalahan, Dinas PERINDAGKOP & ESDM bagian koperasi Gunungkidul Yogyakarta memberikan pembinaan dan arahan bagi koperasi khususnya Koperasi Wanita Karya Perempuan Mandiri terkait dengan penggunaan dana pinjaman. Dimana banyak diketahu bahwa sekarang banyak nasabah yang tidak bertanggung jawab dan banyak pula pengurus koperasi yang lebih mengedepankan rasa ‘Ewuh Pekewuh” akhirnya koperasi tidak dikelola secara professional. Sehingga berdampak koperasi tidak mampu memenuhi tanggungjawabnya ke pihak 3.

Dengan ketidak profesionalitasan lembaga pelayanan pemerintah dalam melayanai masyarakta memberikan dampak secara umum masyarakat menganggap bahwa dimana-mana pegawai pemerintah itu sama saja dan tidak ada bedanya antara pegawai diwilayah satu dengan di wilayah lain

Surakarta, 4 Maret 2013

Yuliana

Staf Program Yayasan Satu Karsa Karya

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s