Meninjau Anggaran Bagi Pendidikan Anak Usia Dini

Negara tidak akan sejahtera tanpa adanya Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Dalam rangka membangun kualitas Sumber Daya Manusia maka salah satu aspek yang harus dipenuhi adalah pendidikan manusianya. Saat ini pemerintah telah menganggarkan 20% dari APBN untuk bidang pendidikan. Dimana harapannya dengan anggaran tersebut, anak Indonesia mampu mengenyam pendidikan wajib 9 tahun secara geratis melalui BOS (Biaya Operasional Sekolah).

Akan tetapi, pendidikan Sumber Daya Manusia khususnya anak tidak hanya anak yang berumur 6-15 tahun. Dimana yang lebih penting diperhatikan sekarang adalah Pendidikan Anak Usia Dini yaitu anak umur 0-6 tahun. Hal tersebut penting karena investasi terbesar Negara ini adalah saat anak-anak masih berumur dibawah 6 tahun, yang mana perkembangan otak dan pertumbuhan anak sangat pesat serta mudah menanamkan hal-hal yang baik pada anak.

Dengan belum meratanya Pendidikan Anak Usia Dini di plosok wilayah Indonesia menjadi factor tersendiri bagi peningkatan kualitas anak. Meskipun dibeberapa daerah telah menjamur lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, itu hanya sebatas tuntutan proyek dari lembaga dana atau funding saja. Kemudian lembaga PAUD tersebut akan hilang ketika tidak ada lembaga dana atau pihak ke-3 yang mendanai. Maka sering kali banyak pengurus atau pendidik lembaga PAUD mengeluhkan terkait keberlanjutan PAUD. Selain itu dengan minimnya fasilitas juga menjadi factor tersendiri karena masih banyak lembaga PAUD yang ngontrak rumah atau pinjem rumah masyarakat sekitar kemudia Alat Permainan Edukatif  (APE) masih terbatas dan pendidiknyapun masih bersifat sukarela dan hanya mendapat honor secukupnya.

This entry was posted in article and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s