Bupati Gunungkidul Menyabut Positif Sekolah Kepemimpinan Perempuan

Jum’at, 19 April 2013 adalah hari dimana YSKK melakukan audiensi dengan Ibu Badingah selaku Ibu Bupati Gunungkidul. Tujuan dari audiensi adalah untuk mendiskusikan terkait rencana penyelenggaraan Sekolah Kepemimpinan Perempuan yang diinisiasi oleh YSKK (Yayasan Satu Karsa Karya).

Diawal proses audiensi direktur YSKK (Suroto) menyampaikan maksud dan tujuan serta sekilas menjelaskan terkait dengan program-program YSKK yang ada di Gunungkidul. Dimana hasil pemaparan terkait dengan program-program YSKK, Ibu Bupati menyambut dengan baik dimana khsusnya ekonomi kerakyatan sangat sesuai dengan Gunungkidul saat ini. Kemudian tidak lama kemudian Staf YSKK (Adiyadh Riyadh) menyampaikan ToR SKP (Sekolah Kepemimpinan Perempuan) yang akan dilaksanakan di Gununungkidul bekerjasama dengan PEMDA Gunungkidul. Dari pemaparan Ibu Bupati menyambut baik yang penting tidak bertentangan dengan kebijakan atau peraturan tertentu.

Kemudian dalam diskusi banyak memabahas terkait quota perempuan dalam legeslatif dan yang ditingkat desa terkait dengan jumlah perempuan di BPD maupun jumlah perempuan yang masuk dalam perangkat desa. Dari Diskusi Ibu Bupati meminta YSKK memberikan saran terkait dengan perbub mengenai pemerintahan yang saat ini baru dibahas. Kemudian terkait dengan minimnya perempuan yang menduduki jabatan di BPD hal tersebut bisa didikusikan dengan SKPD yang mengampu tentang peraturan Desa. Sehingga harapannya jumlah perempuan baik secara kualitas maupun kuantitas mampu berperan aktif dalam public strategis.

Selanjunya Ibu Bupati memberikan saran ke YSKK agar YSKK melaporkan lembaganya ke Kesbangpol. Sehingga aktivitas yang dilakukan oleh YSKK tidak dianggap illegal. Kemudian terkait dengan fasilitator dalam SKP, pemerintah Gunungkidul siap untuk diajak bekerjasama. Dimana yang jelas terkait dengan materi YSKK harus menyiapkan terlebih dahulu.

Pasca Audiensi

Pendamping pasca audiensi melakukan koordinasi dengan pengurus KOPWAN_KPM mendiskusikan hasil inputing data yang terdapat selisih. Kemudian setelah diteliti terdapat kesalahandalam memasukan angka nominal dan kemudian sekalian diperbaiki. Selanjutnya pendamping melakukan koordinasi dengan pengurus KOPWAN_MUP untuk memberikan informasi terkait dengan pengajuan proposal untuk meminta bantuan peralatan produksi. Hasil koornidasi Sekeretaris koperasi akan mencoba membuatnya.

Surakarta, 23 April 2013

Yuliana

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s