Tak Ada Rotan Akarpun Jadi

Tak ada rotan akarpun jadi, itulah istilah untuk pendampingan saya hari ini yaitu Kamis25 April 2013. Dimana pada hari tersebut saya melakukan pengorganisiran narasumber dalam diskusi radio di Radio Handayani, Gunungkidul dengan penuh susah payah. Dalam proses pengorganisiran ternyata tidak semulus dengan apa yang direncanakan. Dimana ketika rencana awal bahwa narasumber adalah Ibu Wasti dari Desa Semin ternyata setelah dikonfirmasi beliunya tidak mau karena takut dan grogi. Kemudian pendamping mencoba menganalisis kira-kira siapa yang berpotensi untuk jadi narasumber? Awalnya Bu Karyati dari Desa Semin, hanya saja pendamping tidak mempunyai kontaknya setelah Tanya-tanya akhirnya dapat juga. Kemudian setelah dihubungi beliunya tidak bisa karena ibunya sakit.

Selanjutnya pendamping memutar balik pikiran dan melakukan Assesment kira-kira siapa yang akan saya jadikan narasumber? Setelah saya piker-pikir, ada satu perempuan di Desa Sumberejo Kecamatan Semin yang bisa jadikan narasumber. Karena beliu juga sering mengisi pelatihan-pelatihan di Desa. Kemudian saya menembusi beliu untuk menjadi narasumber, sesampainya ditempay usahanya beliu sedang membatik dan beliu setelah saya tawari beliu bersedia untuk menjadi narasumber pada dialog radio. Selain itu, saya juga mengambil gambar hasil produksinya untuk saya promosikan lewat online atau social media.

Kemudian saya lanjutkan perjalanan ke Radio Handayani untuk memberikan acuan materi dalam dialog kepada pemandu acara. Dimana ketika saya memberikan pemandu sedang siaran, sehingga pendamping harus menunggu 45 menitan. Setelah itu pendamping melakukan diskusi bahwa tema dialog adalah “Merintis Asa Melalui Koperasi” dengan narasumber dari Yayasan Satu Karsa Karya adalah Dewangga Saputra dan satunya adalah perempuan pengrajin batik dari Sumberejo Semin.

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

