Pendampingan Koperasi#14

Sejuknya udara di pagi hari menemani perjalananku menuju Gunungkidul pada hari Senin, 6 Mei 2013. Sepanjang perjalanan, aku melihat banyak kaum petani baik muda maupun tua sedang bekerja menggarap lahannya. Dengan cangkul yang dia bawa dan dengan caping sebagai pelindung kepala seakan-akan mengibaratkan semangat mereka untuk bekerja dan menyambung hidup.” Itulah sekilas perjalananku menuju Gunungkidul yang melewati Kabupaten Klaten.

Sesampainya di Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen Gunungkidul pengurus koperasi wanita Karya Perempuan Mandiri telah menyambutku untuk segera melakukan rapat pengurus koperasi. Dimana banyak hal yang didiskusikan diantaranya adalah terkait dengan Ajuan pinjaman ke YSKK, Pembuatan Abon dari salah satu Caleg DPRD di Kabupaten Gunungkidul, hasil pelatihan, keikutsertaan bazaar, dll. Dimana setelah melakukan diskusi yang sangat panjang dihasilkan beberapa keputusan diantaranya adalah:

  1. Karena menurunnya produksi produk anggota, maka koperasi dalam jangka panjang mempunyai rencana untuk membuat rumah produksi.
  2. Koperasi akan melakukan pengajuan ke YSKK sebesar Rp 15.000.000,-
  3. Adanya strategi koperasi untuk memperoleh produk permintaan konsumen.
  4. Adanya persiapan untuk keikutsertaan bazaar di HUT YSKK
  5. Adanya informasi terkait dengan hasil koordinasi dengan DINKOP untuk perubahan AD/ART koperasi dengan batas waktu sampai dengan tahun 2015.
  6. Adanya informasi terkait dengan hasil pelatihan kewirausahaan di provinsi.

Meskipun tua semangatnya masih muda

Setelah dari Koperasi Wanita “Karya Perempuan Mandiri” kulanjutkan perjalananku ke Dusun Pucung Malang Desa semin Kecamatan Semin. Dengan mobil angkot yang biasa dipakai untuk sarteran atau menjemput anak sekolah saya dan teman saya bersama dengan pengurus TP PKK Desa Semin dan sekaligus sebagian besar pengurus koperasi menuju ke Dusun Pucung Malang. Dengan medan jalan yang sangat terjal, berliku dan menanjak membuat hati saya dan kawan-kawan selalu berdebar-debar penuh dengan ketakutan. Dengan keteguhan hati dan semangat untuk berkarya akhirnya kita semua sampai di Dusun Pucungmalang yang letaknya di perbukitan dan Dusun paling ujung di Desa semin.

Suara sorak-sorai menyambut kedatangan kami dari para perempuan di Dusun Pucung Malang. Tidak ketinggalan kaum bapak-bapak menyambut kedatangan kami. Kemudian dengan tuur bahasa yang sopan dan senyuman, mereka mempersilahkan kami untuk duduk dan istirahat sejenak. Tidak lama kemudian mulailah acara inti. Dimana dengan penuh semangat mereka sudah tidak sabar menunggu sura kami unuk segera ngomong dan memberikan pengarahan.

Sambutan ibu Kepala Desa menjadi awal pembukaan acara di Dusun pucung malang dimulai. Dimana beliu menjelaskan bahwa tujuan dari kehadiran TP PKK Desa dan YSKK adalah yang pertama silaturrakhim yang dulunya sempat tertunda. Kemudian akan dilanjutkan dengan diskusi gender, koperasi dan masalah kekerasan dalam rumah tangga.

Dengan penuh semangat, akhirnya ibu-ibu merasa senang tidak ngantuk dan mereka mempunyai pandangan yang luas. Dimana dengan keaktifan, mereka mampu bersuaran. Dimana jika pada ruang-ruang public tertentu mereka tak terbiasa dengan bicara didepan orang banya.

This entry was posted in Catatan Lapangan, KOPWAN Karya Perempuan Mandiri, Pra Koperasi Sekar Arum and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s