Pentingnya Kaderisasi

“Mau Ikut Sekolah Kepemimpinan Perempuan,….tapi umur sudah tua”

Sepenggela kalimat diatas adalah lontaran dari ibu-ibu TP PKK Desa Bendungan, Karangmojo Gunungkidul pada hari Jum’at, 10 Mei 2013 saat sosialisasi SKP. Meskipun kecil ungkapan tersebut sangat syarat makna. Kenapa TP PKK Desa Bendungan rata-rata di isi oleh kaum tua? Dimana pemudanya? Apakah mereka tidak bisa mengkader? Atau ada factor atau alasan lain?

Itualah pertanyaan besar yang muncul saat orientasi dan sosialisasi Sekolah Kepemimpimpinan perempuan. Dimana ditengah proses penjelasan dari fasilitatot mengenai sekolah Kepemimpinan Perempuan (SKP) pernyataan tersebut muncul. Dimana terkait dengan kepesertaan temen-temen TP PKK Desa Bendungan pada mengalami kebingungan. Hal tersebut dikarenakan para pengurus TP PKK rata-rata adalah guru dan selain itu mereka umurnya sudah tua-tua dan belum ada regenerasi.

Kenapa tidak terdapat regenerasi? Tanggapan mereka karena banyak anak muda yang lulus sekolah atau lulus kuliah langsung hijrah keluar kota. Hal tersebut dikarena tidak ada aktivitas yang menarik untuk para pemuda jalankan. Sehingga banyak yang merantau keluar. Kemudian untuk kepesertaan para TP PKK Desa Bendungan akan mencoba mencari ibu-ibu di dusun yang lain yang mempunyai motivasi tinggi. Itulah komitmen dari para ibu-ibu TP PKK Desa Bendungan untuk ikut serta dalam Sekolah Kepemimpinan Perempuan (SKP).

 Dari informasi diatas dapat diambil hikmahnya bahwasanya pembangunan desa harus memperhitungkan SDM dan SDA yang ada di desanya. Sehingga untuk regenerasi tidak mengalami stagnasi. Karena dari Desalah Bangsa ini bisa maju dan berkembang. Kaderisasi harus dilakukan sejak dini sehingga bisa kedepan bisa dimanahkan untuk membangun bangsa ini bisa lebih baik

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Pentingnya Kaderisasi

  1. womenwindow says:

    Can you tell me the procced how did SKP explain? And How did your comment to them when you heard that?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s