Pengelolaan Potensi Lokal Untuk Meingkatkan Pendapatan Masyarakat

Judul diatas adalah tema materi besar yang saya sampaikan saat saya menjadi narasumber di komunitas dampingan salah satru Lembaga Swadaya Masyarakat di Kecamatan Kemusk Boyolali. Berbekal dali pengalaman saya pendampingan di Gunungkidul, saya diminta panitia untuk menjadi narasumber dalam peltihan kewirausahaan. Hal tersebut penting karena dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh Kabupaten Gunungkidul nyatanya perempuan bisa meningkatkan pendapatan dan mandiri. Bagaimana Caranya? Itu yang diharapkan bisa menggugah kaum perempuan Kecamatan Kemusuk untu memulai dan mengembangkan usaha yang akan dan mereka jalankan.

Proses awal penyampaian materi, saya memberikan kondisi alam geografis yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Kemudian saya menjelaskan potensi apa yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Selanjutnya bagaimana melakukan manajemen dalam usaha, apa saja hambatanya dan apa aksi yang dilakukan. Itulah sekilas proses saya dalam menyampaikan materi

Dengan sedikit kemasan dengan beberapa permainan para peserta sangat senang dan menikmati. Banyak peserta yang Tanya dan bertukar pengalaman atas apa yang pernah mereka lakukan. Dengan kebijakan pemerintah yang telah responsive gender dibutuhkan pendampingan yang intens dari pemerintah atau kalangan lainnya yang konsen pada masalah ekonomi. Karena dengan semangat para perempuan yang hadir saying jika hanya dilepas begitu saja tanpa ada pendampingan yang intens.

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s