Peluang Usaha di Kabupaten Gunungkidul

Rabu, 26 Juni 2013 adalah hari yang cukup melelahkan buat saya untuk putar-putar di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Dimana tujuan dari jalan-jalan saya di wilayah Gunungkidul adalah untuk malakukan penjajakan peluang pasar yang bisa digunakan untuk fundrising lembaga. Perjalanan dalam penjajakan saya lakukan melalui jalan Klaten kota kemudian dilanjutkan kea rah Prambanan dan ambil kanan melalui Piyungan, Patuk, Playen, Siono, Wonosari, Ngawen kemudian terakhir diwilayah Kecamatan Semin.

Dalam perjalanan, saya melalui jalan yang berbukit dan berkelok-kelok dengan  kemacetan yang luar biasa karena musim liburan sekolah. Ditengah-tengah perjalanan saya banyak melihat pedagang buah yang ada dipinggir jalanan. Selain itu juga saya temui beberapa warung-warung kecil dan restoran yang menjajakan hidangan makan siap makan. Hanya saja dalam rangka penjajakan saya belum bisa menemukan tempat yang disewakan.

Sesampainya di wilayah sekitar Wonosari saya melihat cukup banyak tempat pusat oleh-oleh di wilayah Siono. Hanya saja pusat oleh-oleh tersebut hanya menjual olahan makan dan tidak menjual souvenir. Kemudian selain itu tidak ada tempat yang disewakan. Selanjutnya saya melakukan koordinasi dengan Dinas PERINDAGKOP & ESDM bagian perdagangan untuk melihat arah kebijakan Pemerintah daerah Gunungkidul. Dari koordinasi saya memperoleh informasi bahwa di wilayah Siono tepatnya di pasar eks pasar hewan akan dibangun sebuah showroom untuk diakses para pelaku UMKM se-Kabupaten Gunungkidul. Selain itu dinas juga mengarahkan untuk survey diwilayah terminal baru, terminal lama dan pusat-pusat wisata.

Akhirnya dalam perjalan saya menemukan 2 rumah yng sekiranya bisa dikases lembaga untuk fundrising. Kemudian saya melanjutkan perjalanan ke Ngawen dan Kesemin untuk melakukan pengembalian produk-produk dampingan setelah pameran “Java Expo” selesai.

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

