Pendampingan Koperasi#21

Kamis, 11 Juli 2013 adalah waktu dimana Koperasi Wanita Karya Perempuan Mandiri melakukan pertemuan rutin bulanan. Meskipun puasa anggota koperasi tidak lantas bermalas-malasan untuk tidak hadir dalam pertemuan rutin bulanan. untuk mengantisipasi hal tersebut pertemuan anggota diajukan jam 10 pagi dan berbeda 2 jam dari waktu sebelumnya yang biasa dilaksanakan pukul 12 siang. Adapun agenda yang dibahas dalam pertemuan rutin bulanan kali ini diantaranya adalah :

  1. Pemahaman mengenai dana bansos.
  2. Usaha simpan-pinjam
  3. Usaha dagang
  4. Perkembangan koperasi
  5. Agenda secara sistematis dalam pertemuan rutin bulanan

Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh kurang lebih 40 anggota (50%) dan  6 pengurus koperasi.

Dalam proses pertemuan rutin bulanan anggota, ketua koperasi (Ibu Ngatemi) menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah:

  1. Kunjungan dari PNPM Magelang: dalam hal ini ketua koperasi menyampaikan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) yang telah memilih koperasi menjadi pusat studi banding bagi PNPM Magelang. Selain itu dengan adanya sudy banding tersebut koperasi khususnya pengurus semakin semangat dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sehingga kedepan akan jauh lebih baik dan bisa selalu mempercantik diri.
  2. Keikutsertaan koperasi mengikuti pameran: dalam konteks ini pengurus mewakili anggota juga sama mengucapkan terimakasi kepada YSKK. Dimana dengan diikutsertakannya koperasi dalam pameran akhirnya member dampak yang positif bagi anggota. Adapun dampak positif yang dirasakan diantaranya adalah anggota semangat untuk melakukan produksi karena produk terjual dan perputaran uang cukup cepat. Selain itu omset penjualan dirasa cukup lumayan baik sehingga memacu pengelola untuk mengelola usaha.
  3. Pelatihan pengelolaan keuangan usaha bagi anggota: meskipun kurang mnyeluruh dan cenderung menimbulkan kecemburuan diantara anggota karena anggota tidak ikut semua dalam pelatihan, pengurus cukup senang telah diikutsertakan dalam pelatihan dan mampu melatih keanggota.
  4. Untuk Bansos: pada bulan ini belum akan dicairkan terlebih dahulu karena banyak factor diantaranya adalah, budaya konsumtif dibulan ramadhan dan menjelang lebaran. Selain itu banyaknya isu miring dari anggota terkait dana bansos. Dan lebih jelasnya akan disampaikan oleh anggota terkait dengan dana bansos

Selanjunya bendahara melakukan laporan keuangan dan usaha simpan-pinjam. Dari laporan Bendahara yang menjadi catatan penting adalah kredit macet di koperasi. Dimana ada 2 orang yang tidak dapat mengangsur dengan baik (macet). Karena pengurus tidak bisa menyelesaikannya maka diambil solusi untuk anggota yang macet dikasih surat peringatan dan pemberitahuan untuk mengambil barang yang berharga untuk dijual dan hasilnya akan digunakan untuk melunasi hutang jika anggota tersebut tidak mempunyai etikat baik dalam jangka waktu yang telah di tentukan. Sedangkan dari pengelola usaha dagang (Tri Yarsini), beliu belum bisa melakukan pelaporan keuangan usaha dagang karena masih dalam proses penyelesaian laporan keuangan usaha.

Kemudian dari pendamping memberikan beberapa penjelasan terkait dengan penggunaan dana bansos kepada anggota. Hal tersebut dilakukan akar tidak timbul permasalahan atau kesalah pahaman antara anggota dan pengurus. Dalam hal ini pendamping menyampauikan bahwa,” dana bansos itu adalah dana bansos untuk koperasi dan bukan untuk anggota peranggota. Selain itu dana tersebut dalah hibah berkembang, yang penggunaanya untuk usaha bukan untu yang lainnya.” Dari penjelasan tersebut anggota akhirnya paham dan mengerti akan penggunaan dana bansos tersebut. Selanjutnya dalam rangka mengisi pertemuan rutin bulanan pendamping menampung aspirasi anggota sesuai dengan kebutuhan agar apa yang disampaikan oleh pendamping sesuai dengan yang diharapkan oleh anggota. Untuk mengawali hal tersebut pada awal setelah lebaran pertemuan akan digunakan untuk nonton film bareng sekalian syawalan.

This entry was posted in Catatan Lapangan, KOPWAN Karya Perempuan Mandiri and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s