Pendampingan Koperasi#27

Kamis, 22 Agustus 2013 adalah agenda pendampingan di Pra Koperasi Sekar Arum. Dimana tujuan dalam pendampingan adalah melatih pengurus koperasi khususnya bendahara dalam pengisian perangkat keuangan dan administrasi koperasi. setelah itu dilanjutkan dengan pendampingan pertemuan anggota dengan evaluasi pasca pelatihan pembuatan intip.

Cukup mudah melatih pengurus pra koperasi Sekar Arum  dalam pengisian perlengkapan administrasi keuangan koperasi. Dimana tidak membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan semua administrasi hanya sekitar 2 Jam pengurus usdah mampu mengisi kartu pinjam, kartu simpan, formulir ajuan pinjam, perjanjian pinjam. Guna mengetahui pengurus khususnya bendahara paham dan trampil dalam pengisian semua form tersebut pendamping meminta bendahara langsung mengerjakannya sesuai dengan catatan keuangan yang ada pada Buku Uang Masuk dan Buku Uang Keluar. Dimana setelah dilakukan, bendahara sangat cepat dan trampil dalam pengisian form-form tersebut.

Tidak lama kemudian anggota koperasi tiba dan aktivitas pengisian form ditunda dan menjadi PR bagi bendahara. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan aktivitas simpan-pinjam dan pertemuan rutin anggota. Dalam pertemuan ritin ini hanya dihadiri oleh 19 anggota (50%). Sedikitnya anggota yang hadir dalam pertemuan dikarenakan banyak linggukan rumah anggota mengadakan hajatan. sehingga anggota mau-tidak mau harus datang dan membatu tetangganya yang sedang hajatan. meskipun demikian anggota yang tidak hadir tetap memenuhi kewajibannya di koperasi dengan cara titp pada anggota yang hadir.

Kemudian acara dilanjutkan dengan acara inti yaitu evaluasi pasca pelatihan membuat intip. Dengan tips yang baru, beberapa anggota telah berhasil membuat intip  dengan bagus dan sempurna. Dimana 1 kg beras seharga Rp 6.000,- mampu menghasilkan 6 intip besar dan 6 intip kecil, kemudian diperhitungkan biaya tenaga, gas dan minyak harga per@ intip untuk yang besar Rp 4.500 dan yang kecil Rp 2.500.

Dalam rangka menyemangati para ibu-ibu untuk membuat intip pendamping memesan 10 intip kecil dan akan menghadirkan pengelola usaha dagang KOPWAN_KPM untuk kerjasama. Kemudian acara dilanjutkan arisan, dimana arisan ini berfungsi untuk para anggota hadir dalam pertemuan. Atas permintaan para anggota koperasi, akhirnya pendampingpun ikut dalam arisan.

This entry was posted in Catatan Lapangan, Pra Koperasi Sekar Arum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s