Pendampingan Koperasi#35

Rabu, 25 September 2013 adalah waktu pendampingan di Koperasi Wanita Mitra Usaha Perempuan desa Kampung, Kecamatan Ngawen, Gunungkidul, Yogyakarta. Dimana pokok agenda dari pendampingan tersebut adalah memotivasi para anggota dalam berkoperasi dan berwirausaha dengan menggunakan media nonton film.

Dalam proses nonton film terdapat kendala teknis yang berakibat pada kurang maksimalnya pesan dalam film tersampaikan pada anggota. Dimana rusaknya semua sound ataupun speaker aktif yang dimiliki oleh anggota koperasi, sehingga pesan suara dari film tersebut tidak bisa terdengar cukup baik oleh para anggota. Meskipun demikian acara nonton film tetap berlangung dan anggota sedikit banyak mampu mengambil pesan yang tersirat dalam film yang telah diputar. Adapun pendampat yang muncul dari para anggota adalah sebagai berikut;

“……..dulu kita semangat menanam sayur seperti sawi, tomat, terong dan masih banyak lagi sayuran….tapi tidak tau kenapa setelah jadi guru PAUD saya males melakukan itu lagi….padahal kalau dipikir usaha tanam sayur jauh lebih menjanjikan dari pada menjadi guru PAUD…..”(Bu Darmi/ 50th)

“……..Masyrakat dulu itu kalau musim kemaru cari sayur itu ya ditempatku, tapi saya juga gak tahu kenapa setelah jadi guru PAUD itu saya males nanem sayur sehingga pendapatan menurun….”(Prapti/ 48th)

“…….Sebenarnya kalau kita melihat kondisi wilayah difilm sebenarnya kurang lebih sama, tapi kita itu kalau mau memulai usaha terlalu banyak alasan jadi kita gak pernah jadi memulai usaha…”(Mbk Nut/ 27th)

“….Mbk Besok kalau koperasi mencanangkan usaha gaduhan kambing aku mau nggaduh…dan ini mbk kita diajari bagaimana kita memelihara kambing agar kambing kita sehat dan nilai jualnya tinggi…”(Prapti/ 48th)

Demikian sedikit banyak tanggapan para ibu-ibu setelah nonton film. Dimana pada intinya mereka juga ingin meningkat pendapatan dengan berbagai macam usaha.

This entry was posted in Catatan Lapangan, KOPWAN Mitra Usaha Perempuan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s