Pendampingan Koperasi & SKP

Rabu, 9 Oktober 2013 terdapat dua agenda besar dilapangan yaitu padi di Watusigar, Ngawen, Gunungkidul yaitu pendampingan rapat pengurus Koperasi Wanita Karya Perempuan Mandiri dan siang adalah Fasilitasi Sekolah Kepemimpinan Perempuan dengan tema “Tata kelola Organisasi.”

Dalam pendampingan rapat pengurus Koperasi Wanita Karya Perempuan mandiri, jumlah pengurus yang hadir adalah 60% dari jumlah pengurus yang ada. adapun hal-hal yang di diskusikan dalam rapat pengurus tersebut dianataranya adalah terkait: produk pinjaman baru, kursus laptop, penggajian. pelatihan, keadministrasian, perlakuan simpanan sukarela. Dimana hasil pembahasannya adalah sebagai berikut:

  1. Koperasi membuat Produk pinjaman baru yang diberi nama dengan “Pinjaman Cepat”. adapun syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut:
    • Pinjaman hanya diperuntukan bagi anggota yang sangat membutuhkan secara mendadak (Bisnis, pendidikan dan kesehatan).
    • Bagi peminjam yang lebih dari 1 juta maka harus menyertakan agunan.
    • Jumlah sisa pinjaman anggota di koperasi maksimal 1 juta.
    • Pengembalian pinjaman maksimal 1 bulan terhitung sejak tanggal pencairan dan apabila melebihi akan dimasukan ke pinjaman umum.
    • Peminjam dikenakan bunga 0,2% per hari dari jumlah pokok pinjaman.
  2. Kursus Komputer: terdapat beberapa rekomendasi sebelum pengurus melakukan kursus, dianatranya adalah: pengurus koperasi melakukan survei ke LPK atau ke profesional yang siap mengajar. dimana informasi yang harus diperoleh adalah biaya ketika mengundang atau mendatangi sekali pertemuan. Kemudian pengurus melakukan koordinasi dengan Dinas ketenagakerjaan terkait dengan proposal pelatihan operasionalisasi komputer. untuk survei minimal ada 3 penawaran.
  3. Sistem Penggajian baru.Hasil penggajian bulan lalu terlalu rumit dan apabila dilaksanakan uang koperasi justru habis, maka sistem penggajian dirubah dalam bentuk persenan dan berdasarkan tanggungjawabnya serta keaktifannya. Dimana prosentasenya adalah sebagai berikut:
  4. Pelatihan: pelatihan pengawas di rekomendasikan Bu Partini selaku pengawas dan Tri Yarsini selaku ketua pengelola
  5. Simpanan Sukarela: Apabila simpanan sukarela sudah di beri bunga setiap bulan maka tidak akan diperhitungkan untuk mendapatkan SHU.                                                                    Sekolah Kepemimpinan PerempuanDalam Sekolah Kepemimpinan Perempuan di Balaidesa Rejosari, Semin, Gunungkidul, Yogyakarta dihadiri oleh 16 peserta. Dimana proses dan hasil dalam SKP tersebut adalah sebagai berikut:
  • Ice Breaker dengan olahraga tangan dengan tujuan ibuk-ibuk sebelum masuk materi siap dan fokus.
  • Diskusi awal mengenai Konsep Diri: dimana Warga Belajar diminta untuk menggambar dan menuliskan harta non materiel yang berharga dan akan selalu dipertahankan atau diperjuangkan. dimana ibu ibu sebagain besar menyebutkan; kejujuran, cinta kasih, iman, syukur.
  • Permainan “Lempar Bola”; Dimana Bola sudah ditulis beberapa pertanyaan untuk dijawab oleh Warga Belajar. isi pertanyaan adalah terkait dengan Kelembagaan Desa.dari permainan WB sedikit banyak sudah tahu mengenai lembaga yang ada di desa, hanya saja mereka belum mengetahu secara rinci tugas dan wewenang dari lembaga tersebut.
  • Materi inti; WB diminta untuk mengeluarkan pendapat terkait dengan perbedaan pemerintahan desa dan pemerintah desa. Dimana WB sebenarnya sudah tahu dan paham, hanya saja mereka sulit untuk membuat redaksinya.
  • Selanjutnya WB dibagi menjadi 2 kelompok untuk mendiskusikan terkait wewenang BPD dan pemerintah desa terkait dengan kekosongan staf desa. dari sini, ada beberapa hal yang WB belum cantumkan dan WB salah mencantumkan (tertukar).
  • Tindaklanjut: WB diminta membuat puisi dan dikumpulkan tanggal 22 di Sumberejo.

 

This entry was posted in Catatan Lapangan, KOPWAN Karya Perempuan Mandiri and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s