Pendampingan Koperasi

Selasa, 22 Oktober 2013 adalah hari dimana Koperasi Wanita “Sekar Arum” Desa Semin mengadakan rapat pengurus dan pertemuan rutin bulanan. Rapat pengurus dan pertemuan rutin bulanan di gabung menjadi satu dengan alasan untuk efisiensi dan efektivitas biaya dan waktu.

Rapat Pengurus

Rapat pengurus dihadiri oleh 8 pengurus yang terdiri dari sekretaris, bendahara I dan II, pengawas, dan marketing usaha dagang. Sementara pengurus yang tidak hadir adalah ketua koperasi, anggota pengawas dan koordinator pengelola usaha dagang. Agenda utama dalam rapat pengurus adalah rekomitmen kepengurusan dan diskusi terkait dengan perkembangan usaha.

Terkait dengan rekomitmen, koperasi belum bisa melakukannya karena pengurus tidak hadir semua. Meskipun demikian, pengurus yang ada dimintai ketegasannya terkait dengan posisinya dikoperasi. Dari 8 pengurus yang hadir semua menyatakan kesanggupannya dengan beberapa catatan. Dalam diskusi tidak hanya mendiskusikan masalah komitmen, akan tetapi juga masalah kinerja pengurus. Dimana beberapa bulan terakhir ini, pengurus yang aktif hanya bendahara I dan II, serta sekretaris. maka dari itu dengan melihat kondisi dan kesibukan masing-masing pengurus diluar ke-3 pengurus yang aktif tersebut perlu diadakan penataan ulang. Hal tersebut akan dilakukan pada pertemuan pengurus bulan November.

Keuangan Koperasi

Produktifitas usaha simpan-pinjam koperasi per September 2013 belum begitu maksimal. Hal tersebut terlihat jumlah uang di kas yang masih lumayan tinggi, yaitu sekitar Rp. 700.000,-. Akan tetapi per Oktober 2013 kondisi uang dikas hanya sekitar Rp.100.000,-. Dalam rangka peningkatan modal usaha, koperasi “Sekar Arum” belum bisa memperkirakan karena belum ada kekurangan. hal tersebut dikarenakan jumlah ajuan yang masih sedikit dengan nilai ajuan yang kecil. Selain kondisi pengurus yang belum berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya

Pertemuan Anggota

Setelah diadakan rapat pengurus, pengurus melanjutkan pertemuan anggota. Dalam pertemuan anggota dihadiri oleh 17 anggota koperasi. Kali ini, pertemuan anggota kedatangan tamu dari Koperasi Wanita “Karya Perempuan Mandiri”. Kedatangan tamu kali ini adalah memberikan motivasi bagi para anggota dan pengurus dalam koperasi. Selain itu diharapkan pertemuan tersebut mampu membangun kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Dari pemaparan ketua koperasi wanita “Karya Perempuan Mandiri” mengenai sejarah terbentuknya kelompok sampai pada koperasi telah membuat semangat dan semakin pengurus dan anggota koperasi untuk membesarkan koperasi guna mensejahterakan anggota. Hal tersebut terlihat dari antusias pengurus dan anggota saat sesi tanya jawab. Dimana pertanyaan yang muncul adalah mengenai strategi meningkatkan jumlah anggota, membangun jejaring, mengembangkan usaha (Packing, pemasaran, administrasi dll). Dari pertemuan tersebut, rencana pengurus koperasi suatu saat juga akan giliran berkunjung di koperasi wanita “Karya Perempuan mandiri”. Selain itu pengurus koperasi wanita “Karya Perempuan Mandiri” akan mencoba bekerjasama dalam usaha dagang. Karena tidak dipungkiri koperasi wanita “Karya Perempuan mandiri” sering kualahan dalam memenuhi beberapa produk dipasaran.

This entry was posted in Catatan Lapangan, Pra Koperasi Sekar Arum and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s