Menengok Koperasi Dampingan……

Selasa, 29 Oktober saya melakukan rutinitas akhir bulan yaitu monitoring. Adapun ruang lingkup dalam hal monitoring adalah terkait dengan usaha, keorganisasian dan keadministrasian koperasi. Biasa aktivitas ini saya lakukan di 4 koperasi dampingan. Hanya saja pada saat dilakukan monitoring terdapat dua koperasi yang tidak bisa saya lakukan monitoring dikarenakan personal pengurus yang tidak bisa ditemui. Sehingga aktivitas monitoring saya lakukan ke Koperasi Wanita “Mitra Usaha Perempuan” dan Koperasi Wanita “Karya Perempuan Mandiri” di Kecamatan Ngawen, Gunungkidul, Yogyakarta. Adapun hasil monitoring dari kedua koperasi tersebut adalah sebagai berikut:

Keanggotaan

Perkembangan jumlah anggota dimasing-masing koperasi dampingan rata-rata setiap bulannya mengalami kenaikan jumlah anggota. Dari 3 koperasi dampingan, pada bulan September yang mengalami peningkatan adalah pada Koperasi Wanita Karya Perempuan Mandiri. Dimana pada bulan September 2013 jumlah anggota KOPWAN_KPM sejumlah 87 orang atau meningkat 8,045% dari bulan Agustus 2013. Sementara untuk 2 koperasi dampingan (Koperasi Wanita Mitra Usaha Perempuan dan Sekar Arum) tidak terdapat kenaikan jumlah anggota

Kekayaan Koperasi

Mendasarkan pada data yang dimiliki oleh masing-masing koperasi jumlah kekayaan per September 2013  kekayaannya mencapai Rp 169.289.267,-

Jumlah Kekayaan Koperasi Wanita “Mitra Usaha perempuan” Per September 2013 mengalami peningkatan dibanding pada bulan Agustus yang sempat menurun karena banyaknya jumlah anggota yang mengambil tabungan. Dimana sebaliknya pada bulan September ini anggota Koperasi Wanita “ Mitra Usaha Perempuan” sudah memulai untuk meningkatkan tabungannya.

Laba Koperasi

Dalam rangka mengetahui sejauhmana tingkat produktifitas koperasi salah satu indikatornya adalah seberapa besar tingkat kenaikan laba setiap bulannya. Adapun jumlah laba tersebut juga dipengaruhi oleh jumlah kekayaan yang produktif. Dimana rata-rata per bulannya jumlah peningkatan laba sekita 2 jutaan. Hal tersebut sebanding dengan jumlah kekayaan koperasi yang nilainya sudah diatas 150 jutaan. Dimana laba koperasi per September 2013 adalah senilai Rp 11.663.683,- dan pengurus koperasi memprediksikan jumlah laba per Desember 2013 akan mencapai Rp 15.000.000,-. Semnetara jumlah laba koperasi dari bulan-kebulan meskipun kecil Koperasi Wanita “Mitra Usaha Perempuan” mengalami peningkatan. Dimana per September jumlah laba koperasi senilai Rp 4.491.350,- dan diprediksikan dengan usaha gaduahan kambing jumlah laba koperasi meningkat.

Kredit Bermasalah

Dalam menjalankan setiap usaha pasti akan ditemukan sebuah kendala, begitu juga dengan 2 koperasi perempuan di Kecamatan Ngawen ini (KOPWAN Karya Perempuan Mandiri dan KOPWAN Mitra Usaha Perempuan) dalam menjalankan usahanya ditemui banyak kendala. Salah satu kendala yang sangat menjadi perhatian lebih adalah kondisi kredit bermasalah. Kredit bermasalah di Koperasi Wanita Karya Perempuan Mandiri untuk dibawah 3 bulan mengalami penurunan hanya saja untuk kredit bermasalah diatas 3 bulan mengalami peningkatan. Hal ini mengindikasikan penanganan kredit bermasalah kurang maksimal. Dimana pengurus koperasi pada bulan September lebih berkonsentrasi pada peningkatan jumlah anggota dan penambahan jumlah produk pinjaman. Sementara kredit bermasalah diatas 1 bulan dan 3 bulan Koperasi Wanita “Mitra Usaha Perempuan” mengalami peningkatan dan mengalami penurunan pada kredit bermasalah dibawah 3 bulan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa dalam penangan kredit bermasalah pengurus koperasi kurang maksimal dan kedepan perlu ada inovasi-inovasi baru dalam penangannya.

This entry was posted in KOPWAN Karya Perempuan Mandiri, KOPWAN Mitra Usaha Perempuan, Pra Koperasi Sekar Arum and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s