Evaluasi dan Refleksi Sekolah Kepemimpinan Perempuan

Kamis, 21 November 2013 Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) melakukan evaluasi dan refleksi Sekolah Kepemimpinan Perempuan (SKP) di Ruang Rapat Sekda I Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul. Acara tersebut tepat dimulai pukul 14.00 WIB dengan tingkat kehadiran peserta lebih dari 80% dari undangan yang didistribusikan. Adapun susunan acara dalam kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

– Pembukaan

– Evaluasi dan Refleksi (Diskusi Pleno)

– Penutupan SKP

– Penyusunan Rencana Aksi

– Penutupan

Pembukaan

Dalam pembukaan, dari Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK)di wakili oleh Manager Program yaitu Ana Susi Yuniasri S.PSi. Dimana beliuu sedikit banyak menyampaikan bahwa selama berjalannya Sekolah Kepemimpinan Perempuan (SKP) tak lepas dari kendala-kendala yang dihadapi baik dari segi internal maupun ekseternal. Maka dari itu, agar kedepan SKP lebih baik maka perlu diadakan eveluasi dan refleksi. Harapannya semua peserta bisa mengambil manfaatnya dari hasil evaluasi dan refleksi ini.

Sedangkan untuk sambutan dari pemerintah daerah tidak ada. Pemerintah daerah dalam hal ini ibu Bupati Hj. Badingah S.Sos akan memberikan sambutan saat penutupan Sekolah Kepemimpinan Perempuan

Evaluasi & Refleksi

Diskusi pleno adalah menjadi forum untuk semua peserta dan semua elemen yang terlibat secara aktif dalam melakukan evaluasi dan refleksi Sekolah Kepemimpinan Perempuan (SKP). Dimana perwakilan dari masing-masing wilayah bagian menyampaikan hasil evaluasinya, kemudian dilanjutkan dari peserta yang tidak mewakili tapi ingin menambahai. Selain itu tamu undangan seperti SKPD yang terkait juga diminta untuk melakukan evaluasi, baru kemudian yang terakhir dari YSKK.

Wilayah Utara

Evaluasi dan refleksi dalam diskusi pleno dari wilayah utara diwakili oleh ibu Tukinem dari Desa Kampung. Dimana dalam evaluasinya beliu menyampaikan bahwa dari segi materi dan narasumber beliu merasa cukup baik karena mampu memotivasi peserta sehingga percaya diri dalam memainkan perannya di ranah publik. Sedangkan dari segi tempat penyelenggaraan SKP, beliu merasa agak keberatan karena pindah-pindah sehingga hal tersebut menjadikan tingkat kehadiran tidak 100%. Meskipun demikian, beliu sangat mengucapakan banyak terimakasih atas terselenggaranya SKP.

Wilayah Selatan

Dalam evaluasi dan refleksi dari wilayah selatan di wakili oleh ibu Suti. Pertama-tama beliu menyampaikan banyak terimakasih kepada YSKK yang telah menyelenggarakan SKP. karena dengan terselenggarannya SKP peserta meningkat pengetahuan dan pengalamannya. Dimana yang awalnya tidak tahu menjadi tahu dan dari awalanya tidak berani menjadi berani. kemudian terkait dengan tempat, wilayah selatan tidak mempermasalahkan karena dengan bergulir mereka bisa saling setudy. Justru mereka merasa kurang jika SKP hanya diselenggarakan selama 6 bulan

Wilayah Tengah

Dari wilayah tengah, Ibu Murjikem menyampaikan beberapa hal terkait dengan evaluasi dan refleksi. Adapun hal yang pertama kali disampaikan adalah rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada penyelanggara (YSKK) yang telah menyelenggarakan SKP. Karena dengan SKP wawasan ibu-ibu menjadi bertambah dan bisa menjadi pembelajaran tersendiri. Dimana setelah mengikuti SKP ibu-ibu sudah mulai aktif dan berani untuk bersuara didalam musrenbangdes. Harapannya kedepan masih ada SKP lanjutan.

Kemudian setelah masing-masing melakukan evaluasi melalui perwakilan, terdapat beberapa peserta yang menyampaikan evaluasi yaitu dari Beji dan Karangmojo. salah satu yang menjadi masukan perlu adanya penyegaran dalam bentuk dooprize atau mainan. selain itu untuk penilaian diminta lebih bisa terukur dan bahasa lebih sederhana agar mudah dipahami.

Yayasan Satu Karsa Karya

Dari YSKK dalam evaluasi dan refleksi disampaikan oleh Adiyadh Riyadh selaku penanggungjawab program. dalam evaluasinya beliu menyampaikan bahwa dari 3 wilayah di 8 desa peserta SKP 72,4% berasal dari ibu-ibu rumah tangga. Kemudian beliu menyampaikan bahwa dimanapun posisinya perempuan harus memiliki nilai tawar.

Penutupan

Dengan tidak bisa hadirnya Ibu Bupati Gunungkidul (Hj.Badingah S.Sos) karena baru sidang pari purna maka dalam penutupan diwakili oleh Asisten 1 Bupati yaitu Tommy Harahap. Dimana beberapa hal yang disampaikan oleh beliu seperti yang saya kutip berikut ini:

……Ass, semangat pagi. Seorang pemimpin harus begitu. Sebelum saya bacakan sambutan Ibu Bupati saya sampaikan beliau tidak bisa hadir karena pengensahan APBD 2014. Saya sedikit menambahi untuk wawasan. Pemimpin itu apa? Salah satu pengertian yaitu kemampuan seseorang untuk menggerakan orang lain. Tapi ada pengertian lain juga. Oleh karena itu pemimpin itu harus ada dan diadakan adalah ”wani”. Berani menghadapi tantangan, punya itikad baik, mau belajar. Semua proses hidup ini adalah proses belajar. Seseorang punya kelebihan tentu punya kelemahan. Kelemahan itu ada di kelebihan orang lain. Punya etika ora kena arogan, sombong, kemudian mengenal karakter. Bukan yang dipimpin mengenal karakter. Kemudian jujur klo jujur dapat dipercaya. Klo pemimpinnya sudah dipercaya itu enak……

…….Kita sudah sepakat hak prempuan dan laki-laki itu sama saja. Baik itu RT, RW, dukuh dan kepala desa. Jadi ada pepatah lebih baik menjadi pemimpin semut dari pada pemimpin ekor gajah. Tapi ini menumbuhkan semangat jadi pemimpin. Jadi ibu itu harus berani ngomong.  Nah pengahalang-penghalang berikutnya kita itu masih menemukan banyak pemimpin mencari jalan yang mudah. Jadi ada satu anggapan yang dulu-dulu itu sudah baik. Saya kemarin juga didatangi dari teman-teman bagiamana caranya membuka peluang gender untuk keterwaklan pemerintahan desa…….

Penutupan

Dengan ditutupnya SKP, maka selesai sudahlah untuk evaluasi dan refleksi Sekolah Kepemimpinan Perempuan. Dimana terkait dengan rencana tindak lanjut, peserta telah diberi lembar rencana tindak lanjut dan dikumpulkan saat akhir acara.

Surakarta, 25 November 2013

Yuliana

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s