Cerita ibu-ibu belajar komputer…..

Rabu, 27 November 2013 seperti biasa saya melakukan monitoring di 2 koperasi perempuan di Kecamatan Ngawen, Gunungkidul, Yogyakarta. Monitoring adalah kegiatan yang sudah biasa menjadi rutinitas bulanan untuk saya mengetahui perkembangan koperasi. sehingga dari hasil monitoring bisa digunakan untuk acuan evaluasi dan kemudian dari evaluasi diharapkan ada masukan untuk memajukan koperasi.

Tidak Sekedar Monitoring

Awal monitoring, lokasi yang saya tuju adalah di Koperasi “Mitra Usaha Perempuan”. Sembari monitoring saya melakukan pembenahan terkait dengan keadministrasian koperasi, khususnya di koperasi “Mitra Usaha Perempuan”. Dimana pengurus saya ajak untuk membuat form monitoring usaha gaduhan kambing. Setelah selesai melakukan monitoring di koperasi “Mitra Usaha Perempuan” saya lanjutkan perjalanan menuju ke koperasi “Karya Perempuan Mandiri” yang jaraknya kurang lebih 10 km dari koperasi “Mitra Usaha Perempuan”.

Lain halnya dengan Koperasi “Karya Perempuan Mandiri”, saya bersama dengan pengurus koperasi (Bendahara & ketua) dari jam 11.00 WIB sampai pada pukul 16.00 WIB melakukan monitoring dengan penuh canda dan tawa karena cerita-cerita mereka, dari mulai cerita pelatihan, studi banding di Bandung, sampai pada pelatihan operasionalisasi komputer. Dari sekian cerita, cerita yang paling lucu dan membuat saya tertawa adalah cerita pelatihan komputer.

Awal cerita saya yang memulai percakapan dengan bertanya-tanya. seperti ini dialog diantara kita;

Yuli (pendamping)           :” Buk, ngomong-ngomong gimana kursus koputernya?

Bu Emi (Ketua koperasi)  :” walah mbk,,,,gayenge pol.”

Yuli              :”lha gimana buk?ayo buk crita…kayak gimana?”

Bu Emi        :”mbk awalnya ki kita khan gak tahu istilah-istilah yang ada di keyboard seperti (spasi, enter, delete dll), kemudian diajari…..e ….e…e…lha kok aku paling lelet (tidak paham-paha), tapi setelah tahu tak tekan “enter” kok malah spasinya jalan kebawah terus……..,lha saya bingung gimana mengembalikan seperti semula…….., trus pelatih ndatangi saya dan mengajari cara mengembalikan seperti semula…..”

Mbk Jumikem (Bendahara): “nggak cuma itu deh mbk…..,orang bu Emi itu diminta nulis aja keliru yang ditulis….,biasanya kalau nuliskan sesui relaitas, lha ini nggak. misalnya bu Emi itu nulis…. wali murid mengundang sekolah, padahal biasananya sekolah yang ngundang wali murid khan…..semua pada tertawa.

Yuli       :”ada berapa orang buk yang ikut.”

Bu Emi :” Ada 4 orang mbk…..,karena keterbatasan laptop, jadi yang ikut dikit.”

Yuli         :” Siapa saja buk?”

Bu Emi    :”saya, mbk Jumikem, Bu Partini dan Mbk Ita.”

Yuli          : “Sekarang sudah bisa apa buk?

Bu Emi     :”Saya dah bisa buat KOP Surat….., tak liatin ya mbk….”

Kemudian bu Emi menunjukan hasil karyanya kepada saya, tak lupa saya memuji karyanya.

Yuli          : “Wihhhhh….keren, dah bisa nyimpannya buk?”

Bu Emi     :”Sudah noooo……”

Bu Emi menunjukan bagai mana cara menyimpannya kepada saya.

Yuli           :”Kalau cara nyimpan dan membuka data selain dengan cara kayak gitu bisa nggak buk?”

Karena ibu-ibu membuka file tidak melalui folder tapi melalui “recent document”

Bu Emi         : “Halah mbk ini dulu….nanti ndak pelatihnya bingung.”

Yuli               :”emang yang ngajar tanggapannya gimana?”

Bu Emi    :”pelatihnya sabar, baik….dan harusnya pulang jam delapan…eee ini pulang jam jam setengah sepuluh…”

Mbk Jumikem:”halah mbk….pelatihnya itu tertawa terus….karena kita itu nggak paham-paham kalau di jelasin…..”

Demikian catatan singkat dari para ibu-ibu yang mempunyai kemauan keras untuk belajar dan maju dan  tidak mau ketinggalan.

Semoga ini menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan yang lain untuk selalu belajar dan tidak mudah putus asa…

Surakarta, 28 November 2013

Yuliana

This entry was posted in Catatan Lapangan, KOPWAN Karya Perempuan Mandiri, KOPWAN Mitra Usaha Perempuan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s