Koordinasi dan Singkronisasi Rencana Tahun 2014

Jum’at, 7 Desember 2013 YSKK (Yayasan Satu Karsa Karya) melakukan pertemuan dengan beberapa SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten Gunungkidul. Pertemuan tersebut adalah hasil tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang sudah terlaksana. Dimana tujuan utama dari pertemuan ini adalah sharing program yang bisa di singkronisasikan. Kegiatan ini dihadiri oleh BPMP & KB, BAPPEDA, PKK Kabupaten,  Pemerintahan Desa, dan Kesra. Karena yang datang sebagian adalah orang uang berbeda dalam pertemuan berikutnya maka hanya beberapa SKPD yang hasilnya konkrit.

Bagian Pemerintah Desa yang lebih kongkrit untuk bisa diajak kerjasama. Dimana dari perwakilan bagian pemerintah desa menginformasikan bahwa mereka siap untuk diajak kerjasama dan mereka mempersilahkan jika YSKK ingin terlibat dalam penyusunan kebijakan terkait dengan produk hukum tentang desa. Karena sampai saat ini bagaian pemerintah desa juga bekerjasama dengan beberapa LSM seperti Idea dan IRE. Kemudian terkait dengan ketersediaan data, bagian pemdes menginformasikan bahwa data belum rapi dan sampai saat ini masih dalam penyusunan. Tapi kalau hanya data terkait dengan pilkades tahun 2014, bagian pemdes ada.

Kemudian untuk BPMP & KB hanya menginformasikan bahwa program yang sampai tahun depan berjalan adalah desa prima, keluarga sadar gender, Sosialisasi partisipasi perempuam dalam politik bersama dengan Kaukus Parlemen Perempuan. Beliu menyampaikan kondisi tersebut bisa di ubah jika ingin diubah atau bersinergi kedepan YSKK bisa berkoordinasi dengan Kepala Dinas secara informal.

Sementara untuk PKK Kabupaten, mereka tidak mempunyiai agenda yang fokus dan hanya menjalankan fungsi 10 program pokok PKK. Sementara hasil Rakernas PKK untuk masing-masing SKPD yang ada kegiatannya berkaitan dengan perempuan untuk PKK diikutsertakan. sementara untuk regenerasi PKK tidak ada kader, selain itu terkait dengan anggaran PKK hanya sedikit dan hal tersebut dirasa kurang memenuhi kebutuhan PKK untuk menjalankan fungsi 10 program pokok PKK. Sementara untuk Kesra belum bisa menginformasikan apa-apa, karena yang bersangkutan tidak mempunyai wewenang.

Surakarta, 18 Desember 2013

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s