RAT Pertama Se-Kabupaten Gunungkidul

Kamis, 2 Januari 2014 Koperasi Wanita “Karya Perempuan Mandiri” melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk tahun buku 2013. Dengan penuh semangat dan membawa beberapa materi RAT, anggota koperasi  mulai mendatangai tempat pelaksanaan RAT. Dimana kegiatan ini dilaksanakan di Balai Dusun Randusari, Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen, Gunungkidul, Yogyakarta dan dihadiri oleh 77 orang yang terdiri dari 71 unsur anggota serta 6 dari unsur tamu undangan. Pelaksanaan RAT kali ini merupakan yang pertama di Kecamatan Ngawen dan yang pertama di Kabupaten Gunungkidul serta kemungkinan yang pertama di Indonesia dari sekian koperasi yang ada. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Kepala Bagian Koperasi berikut ini:

“…..luar biasa kalau di kecamatan ini adalah RAT pertama dari sekian koperasi yang ada, maka ini juga koperasi pertama yang mengadakan RAT pertama se-kabupaten Gunungkidul dan kemungkinan ini koperasi pertama se-Indonesia yang melakukan RAT….” (Ibu Rina:Kabag Koperasi Dinas PERINDAGKOP & ESDM Kab. Gunungkidul)

Substansi dari Rapat Anggota Tahunan (RAT) kali ini, selain mengundang beberapa pejabat pemerintahan seperti kepala desa, kecamatan dan Dinas PERINDAGKOP & ESDM, pengurus dan pengawas mempertanggungjawabkan kinerjanya selama satu tahun. Selain itu, karena periode kepengurusan koperasi yang sudah selesai pada tahun 2013, maka pada RAT ini juga akan memilih pengurus koperasi untuk periode 2014-2016.

Secara umum dan ringkas adapun hal-hal yang disampaikan oleh para tamu undangan adalah sebagai berikut:

Kepala Desa

Dalam kesempatan itu, beliu  (Bpk Pardi: Kepala Desa Watusigar) menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya dan setinggi-tingginya karena koperasi adalah satu-satunya koperasi yang ada di Desa Watusigar yang masuk dalam lembaga non pemerintah. Kegiatan RAT adalah kegiatan yang bagus dan Koperasi Wanita “Karya Perempuan Mandiri” telah mampu melaksanakannya dengan baik. Beliu juga mengucapkan selamat dan terimakasih kepada pengurus yang telah mampu mengelola koperasi sehingga koperasi telah mampu melaksanakan RAT. Kemudian beliu juga memberikan masukan kepada koperasi diantaranya adalah:

  1. Anggota harus meluangkan waktu dari awal sampai akhir untuk mengikuti RAT. Hal tersebut penting karena anggota berkewajiban untuk menyikapi laporan yang telah disampaikan oleh pengurus dan pengawas koperasi. Selain itu, karena agenda utama dalam RAT tersebut adalah terdapat agenda pemilihan pengurus, maka anggota juga harus mampu terlibat aktif dan tidak hanya ikut-ikutan dalam bersikap.
  2. Pemerintah desa minta maaf belum mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan koperasi di desa selama ini.
  3. Kedepan harapannya pemerintah bisa ikut aktif dalam membangun dan mengembangkan koperasi
  4. Terkait dengan UU Desa, pemerintah desa akan membuat BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) dan koperasi diharapkan mempunyai kontribusi yang besar dalam penyelenggaraannya.

Kecamatan Ngawen

Dalam mengahdiri pelaksanaan RAT di Kopwan “Karya Perempuan Mandiri” dari kecamatan di wakili oleh Kasi PMD, dimana Bapak Camat tidak bisa hadir karena ada pertemuan di kabupaten. Karena kurangnya persiapan, secara substansi beliu tidak memberi masukan dan saran apapu. Beliu hanya menyampaikan kededpan koperasi harus lebih hati-hati dan selektif dalam mencairkan pinjaman ke anggota. Karena sering kali anggota banyak yang tidak displin.

Pemerintah Kabupaten

Kasubbag Koperasi (Bpk Saryoto)

Dalam kesempatan itu, beliu menyampaikan bahwa koperasi wanita “Karya Perempuan Mandiri” adalah koperasi pertama yang melakukan RAT di Kabupaten Gunungkidul dan beliu menyampaikan bahwa koperasi beliu pelaksanaannya masih tanggal 4 Januari 2014. Kondisi tersebut menandakan bahwa koperasi telah siap untuk melakukan pembagian SHU dan melaporkan kinerjanya selama 1 tahun. Selain itu secara teknis beliu juga memberikan beberapa catatan seperti teknis penyampaian laporan yang harus tidak dibacakan semua, perlunya penambahan redaksi dibeberapa bagian laporan dan teknis pemilihan pengurus yang akan dilakukan.

Cukup menguras perhatian apa yang disampaikan oleh beliu, dimana beliu menyampaikan beberapa hal yang sering kali tidak ada kaitannya dengan pelaksanaan RAT. Selain itu yang menjadi catatan buruk, beliu menjadikan forum tersebut sebagai ajang untuk sosialisasi agar anggota koperasi memilih salah satu calon anggota DPR RI. Dimana yang menurut beliu, calon tersebut adalah calon yang akan mewakili suara koperasi di DPR RI.

Kepala Bagian Koperasi (Ibu Rina)

Secara umum beliu tidak mengeritik masalah terkait dengan isi laporan RAT. Beliu hanya memberikan apresiasi kepada pengurus koperasi karena ini adalah RAT yang pertama dilakukan oleh koperasi di Gunungkidul. Karena beliu baru menjabat menjadi Kepala Bagian Koperasi Dinas PERINDAGKOP &ESDM, beliu memperkenalkan diri, harapannya dengan kabag yang baru hubungan antar koperasi dengan dinas jauh lebih baik.

Proses

Sesuai dengan susunan acara yang telah dibuat dalam Rapat Anggota Tahunan Kopwan “Karya perempuan Mandiri” dalam proses RAT yang pertama adalah penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas, penyampain rencana program kerja dan RAPBK, pengesahaan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas serta pengesahan rencana program kerja dan RAPBK 2014. Kemudian yang terkahir adalah pemilihan pengurus dan pengawas koperasi untuk kepengurusan periode 2014-2016.

Hasil

  1. Diterima dan disyahkannya laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas Koperasi Wanita “Karya Perempuan Mandiri” tahun buku 2013
  2. Diterima dan di Syahkannya Rencana Program Kerja Koperasi dan RAPBK Koperasi Wanita “Karya Perempuan Mandiri” Tahun 2014
  3. Terpilihnya pengurus dan pengawas periode 2014-2016 seperti terlampir berikut ini:

Pengawas:

  1. Supartini
  2. Mujini
  3. Sumarni

Pengurus:

Ketua                    : Ngatemi

Sekertaris            : Tri Yarsini

Bendahara          : Jumikem

W. Bendahara   : Sunarwi

Sie Usaha            : Tarmiyati

This entry was posted in Catatan Lapangan, KOPWAN Karya Perempuan Mandiri and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s