Semangat di tahun 2014……

“…..Wajah Baru, Semangat Baru….”

Itulah yang tampak dari ibu-ibu pengurus Koperasi Wanita Karya Perempuan Mandiri Desa Watusigar, Ngawen Gunungkidul, Yogyakarta dalam rapat pengurus kemarin, Rabu, 8 Januari 2014. Dalam pergantian pengurus saat RAT pada tanggal 2 Januari 2014 kemarin telah memberikan dampak yang positif bagi koperasi. Dimana tingkat kedisiplinan pengurus jauh lebih meningkat, ide-ide dan inovasi baru mulai muncul. hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh ibu Ketua Koperasi berikut ini;

“…..memang RAT kemarin membawa banyak berkah, sudah pengurusnya baru, masyarakat luar sangat positif tanggapannya dan banyak anggota yang akan bergabung dikoperasi….semoga ini awal yang baik ditahun 2014 ini” (Ibu Emi/ 50 th)

Pernyataan tersebut benar adanya, beberapa pengurus memperoleh informasi dari banyak masyarakat yang melihat dan mendengar baik secara langsung maupun tidak langsung dari pelaksanaan RAT. Akan tetapi tetap ada catatan-catatan kecil yang harus menjadi koreksi bagi koperasi kedepan seperti masalah kedisiplinan saat pertemuan anggota, rapat pengurus dll. Saran tersebut dirasa sangat lumrah, karena merubah kebiasaan seseorang tidak semudah ketika kita akan membalikan telapak tangan (semua butuh proses). Tapi catatan-catatan kecil itu, ditanggapi pengurus dengan baik dan positif, dan pengurus siap untuk melakukan perubahan-perubahan kecil untuk mencapai sesuatu yang besar. Harapan dari ketua koperasi, pengurus kedepan jauh lebih sigap dan tanggap terhadap permasalahan yang ada di koperasi. Bisa menjaga nama baik koperasi dan temen dianatar pengurus koperasi.

Dihadiri oleh 9 pengurus (90%) dari pengurus yang ada, adapun secara hasil dari rapat pengurus adalah sebagai beriku:

  1. Pengunduran pengawas telah diterima dan akan ditindak lanjuti oleh ketua koperasi.
  2. Sistem transaksi keuangan di koperasi menggunakan sistem bank. Diman dalam melakukan setoran, nasabah atau anggota mengisi slip setoran/ penarikan kemudian mengambil nomer antrian dan nasabah menunggu nomer urutan dipanggil oleh pengurus. hal tersebut dilakukan karena jumlah anggota terlalu banyak dan harapannya itu akan menjadikan lebih tertib dan teratur.
  3. kantor akan buka seminggu sekali yaitu setiap hari Rabu dari pukul 12.00 – 15.00 WIB untuk melayani nasabah dalam menabung dan meminjam di koperasi.
  4. Dalam pertemuan setiap tanggal 11, acara inti akan dimulai pukul 13.00WIB.
  5. Laporan RAT akan diberikan ke Dinas pada hari Senin, 13 Januari 2013.
  6. Skertaris akan melakukan penataan ulang terkait dengan buku-buku administrasi organisasi.
  7. Adanya pembagian tugas antara bendahara, wakil bendahara dan ketua koperasi. adapun secara rinci adalah sebagai berikut:- Pembuat laporan Keuangan: Mbk Jumikem (bendahara)
    – Pemegang uang kas: Sunarwi(Wakil Bendahara)
    – Pencairan: Ibu Ketua, Bendahara, & Wakil Bendahara
    – Penerimaan setoran /penarikan (Wakil Bendahara)
    – Seleksi pencairan (Ketua & 2 bendahara koperasi)
    – Pengerjaan kartu simpan pinjam (2 Bendahara)
  8. Adanya review tugas pengawas yaitu menampung aspirasi anggota dan menyampaikan ke pengurus koperasi.
  9. Usaha Dagang untuk ketua adalah ibu Tarmiyati, Bendahara; Yanti, Pemasaran; Yatmini

Surakarta, 9 Januari 2014

This entry was posted in Catatan Lapangan, KOPWAN Karya Perempuan Mandiri and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s