Sepenggal Catatan: Pasca RAT Koperasi “Mitra Usaha Perempuan”

Pagi itu, hujan rintik-rintik menemani perjalananku dari Solo menuju Gunungkidul, Yogyakarta. Tempat yang menjadi tujuan saya adalah di Balai Dusun Candi, Kampung, Ngawen dalam rangka pendampingan pelaksanaan RAT (Rapat Anggota Tahunan) Koperasi “Mitra Usaha Perempuan”. Sesampainya disana, hujan masih belum reda tapi para anggota sudah pada tiba dan berbenah untuk mengisi kursi yang masih kosong.

Tepat pukul 09.00 WIB Pelaksanaan RAT Koperasi “Mitra Usaha Perempuan” dimulai. Dimana pada awal pembukaan telah dihadiri 52 anggota (86,66%) dan tamu undangan yang hadir adalah Kepala Desa Kampung dan Pendamping dari YSKK (Yayasan Satu Karsa Karya). Sementara dari pihak kecamatan dan Dinas PERINDAGKOP & ESDM belum hadir. Kemudian ditengeh-tengah sambutan dari YSKK selesai, dari pihak kecamatan dan dinas hadir dan beliu melakukan sambutan dengan lugas, tegas, tepat dan tidak bertele-tele. Adapun hasil dari sambutan masing-masing pihak adalah sebagai berikut:

Kepala Desa

Dengan adanya rencana Desa Wisata di Desa Kampung tepatnya di Dusun Gununggambar sebagai wilayah sasaran, beliu menyarankan untuk anggota koperasi memperbanyak produk usahanya dan menyiapkan tempat ketika ada pihak luar (turis) yang akan berkunjung ketempat wisata.

Yayasan Satu Karsa Karya

Dari Yayasan Satu Karsa Karya di wakili oleh Yuliana, dimana secara umum beliu menyampaikan kepada pemerintah desa dan anggota koperasi sebagai berikut:

  1.  BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) diharapkan kedepan bisa bersinergi dengan koperasi.
  2. Terkait dengan UU Desa yang baru disahkan, kedepan anggota koperasi diharapkan mampu mengawal karena dana yang dianggrankan untuk desa dari APBN senilai 750 juta sampai 1,3 M. Dengan banyaknya anggaran yang dikelola oleh desa jika tidak dikawal maka akan rawan dengan korupsi.
  3. Kedepan antar pengurus dan anggota harus kompak dan saling mengerti. Dimana ketika anggota mengkritik,pengurus jangan terlalu reaktif. Begitu juga sebaliknya, ketika anggota mengkritik diharapkan juga memberi solusi.
  4. Anggota lebih disiplin dalam mengangsur dan lebih tekun dalam berusaha. Sehingga budaya gali lubang dan tutup lubang bisa terkikis.
  5. Harapannya RAT tahun buku 2013 ini, bisa lancar dan membawa berkah untuk kepemimpinan periode 2014-2016.

Kecamatan Ngawen

Pihak kecamatan diwakili oleh Bpk Edi Basuki. Dimana dalam sambutannya beliu mengucapkan selamat karena koperasi telah mampu melaksanakan RAT. Karena tidak sedikit menurut beliu koperasi di Gunungkidul yang bisa melaksanakan RAT pada tahun 2013. Beliu juga meminta maaf karena beliu terlambat karena sedang perjalanan rumah menuju ke Kecamatan Ngawen. Harapan Beliu kedepak koperasi jauh lebih baik dan berkembang.

Dinas PERINDAGKOP & ESDM

Dari Dinas PERINDAGKOP & ESDM diwakili oleh Bpk Sigit (Kasubbag Kelembagaan Koperasi). Secara umum beliu mengharapkan dalam RAT Koperasi “Mitra Usaha Perempuan”, anggota bisa mengemukakan pendapatnya secara langsung dengan baik dan sopan. Kemudian secara teknis pelaporan beliu lebih melakukan pendekatan secara personal dan tidak langsung ditanyakan didepan umum.

Hasil RAT

Adapun hasil dari Rapat Anggota Tahunan Koperasi “Mitra Usaha Perempuan”  adalah sebagai berikut:

  1. Diterima dan disahkan Laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas koperasi.
  2. Diterima dan disahkanya program kerja dan RAPBK tahun 2014.
  3. Terpilihnya pengurus dan pengawas periode 2014-2016 dengan komposisi sebagai berikut:Pengawas: Bu Darmi
    Ketua: Retno D.N
    Sekretaris: Sulastri
    Bendahara: Rukhoyah
    Wakil Bendahara: Suharmi
    Sie. Usaha: Nur Haryati
    Selanjutnya, pendamping malakukan pendampingan rapat pengurus Pra Koperasi “Sekar Arum” dalam rangka persiapan RAT, adapun hasilnya sebagai berikut:
  1. Adanya draft program kerja dan RAPBK Tahun 2014
  2. Adanya evaluasi hasil kinerja pengurus.
  3. Adanya prosesntase pembagian SHU
  4. Adanya estimasi biaya pelaksanaan RAT.

Demikian sepenggal catatanku pada hari Rabu, 15 Januari 2014.

Yuliana

This entry was posted in Catatan Lapangan, KOPWAN Mitra Usaha Perempuan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s