Fasilitasi: Satu Hari 2 Aktivitas Berbeda…

WP_20140207_012Pagi itu, Jum’at , 7 Februari 2014 kondisi cuaca sangat cerah dan matahari menyambut dengan penuh semangat. Saya mulai bersiap-siap dan bergegas untuk melakukan perjalanan ke Ngawen , Gunungkidul. Sebelum saya melangkah untuk meninggalkan rumah, aku memperoleh pesan sms dari ketua koperasi “Mitra Usaha Perempuan”. Dimana pesannya adalah mengenai pengunduran waktu rapat pengurus yang seharusnya dilaksanakan pukul 09.00. WIB di undur menjadi  pukul 13.00 WIB. Mulai bingunglah saya pada posisi itu, dimana sebelumnya sudah janjian dengan pengelola usaha dagang koperasi “Karya Perempuan Mandiri” untuk pukul 13.00 WIB akan dilaksanakan penataan keuangan usaha dagang. Dengan cepat kondisi tersebut saya koordinasikan dengan pengelola koperasi “Karya Perempuan Mandiri” (Mbk Yatmini) untuk melakukan tukar waktu aktivitas. Dengan diskusi panjang, akhirnya pengelola usaha dagang “Karya Perempuan Mandiri” tidak menjadi masalah ketika jamnya di ganti.

Dengan suasana yang lumayan melegakan, kumulai langkahku untuk menuju Kecamatan Ngawen, Gunungkidul Yogyakarta. Tepat pukul 10.30 WIB saya sampai di kantor koperasi wanita “Karya Perempuan Mandiri”. Kondisi pengelola usaha dagang pada waktu itu belum ada yang datang dan cukup lama saya menunggu pengelola koperasi. Sehingga luangnya waktu saya gunakan untuk berbincang-bincang dengan ketua koperasi. Dari diskusi, ketua koperasi meminta pendamping untuk memfasilitasi terkait dengan beberapa sumber pendapatan yang ada dalam usaha dagang yang belum jelas. Selain itu terkait administrasi usaha, kedepan pengelola khususnya bendahara harus tertib dan disiplin.

Tak lama kemudian tepatnya pukul 11.00 WIB, pengelola koperasi datang (Yatmini, Yantim). Sambil istirahat proses kroscek data keuangan langsung dimulai. Hal tersebut dilakukan  guna mengefektifkan dan mengefisiensikan waktu.  Karena 2 jam kemudian pendamping harus melakukan pendampingan di koperasi “Mitra Usaha Perempuan” Desa Kampung, Ngawen, Gunungkidul. Pengelola yang hadir adalah mbk Yatmini (Sie Pemasaran), Yanti (Bendahara), dan Bu Emi (Pengawas). Kemudian setelah diskusi dan saling cek anatar buku keuangan yang satu dengan buku keuangan yang lain ditemukan beberapa catatan yang perlu dikonfirmasi dengen beberapa pihak yang pada waktu itu tidak hadir. Konfirmasi tersebut akan dilakukan saat rapat pengurus Koperasi Wanita “Karya Perempuan Mandiri” pada hari Senin, 10 Februari 2014..

Setelah itu kulanjutkan pendampinga di Koperasi Wanita “Mitra Usaha Perempuan”. Tepat pukul 13.00 WIB rapat pengurus dimulai dengan pokok bahasan terkait dengan pelatihan bagi anggota koperasi pasca pengurus mengikuti pelatihan “Promosi UMKM Melalui Media Sosial”, pembahasan rencana tindak lanjut pasca kegiatan evaluasi reflektif pada hari Rabu, 5 Februari 2014. Adapun secara umum hasilnya sebagai berikut:

  1. Anggota yang akan diikutsertakan dalam pelatihan adalah anggota yang masih muda dan memiliki usaha sejumlah 20 orang.
  2. Adanya rencana strategis selama 3 tahun untuk koperasi mencapai cita-cita yang ingin dicapainya, yaitu: jumlah anggota meningkat menjadi 300 orang, Kambing berkembangbiak menjadi 50 ekor kambing, kekayaan koperasi 300 juta, koperasi mempunyai pickup. Dari sekian target terdapat perebuhan dari sebelumnya mempunyai kandang kambing diganti dengan kambing berkembangbiak menjadi 50 ekor kambing.

Rencana pelatihan “Promosi UMKM Melalui Sosial Media”  di Koperasi Wanita “Mitra usaha Perempuan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Februari 2014. Kemudian rapat pengurus Koperasi Wanita “Karya Perempuan Mandiri” akan dilaksanakan pada hari Senin, 10 Februari 2014.

This entry was posted in Catatan Lapangan, KOPWAN Karya Perempuan Mandiri, KOPWAN Mitra Usaha Perempuan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s