Pentingnya “Ruang Konsultasi” bagi anggota koperasi

1456712_10201573060146182_708331574_nDalam rangka meningkatkan layanan, koperasi Karya Perempuan Mandiri (KPM), Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen, Gunungkidul, mulai membuka kantor layanan setiap hari Rabu, dari pukul 12.00 – 16.00 WIB. Kantor buka tidak seharian penuh dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana tingkat keefektifan dan kemanfaatannya. Sebelumnya kantor melakukan pelayanan hanya 1 bulan sekali yaitu setiap tanggal 11.

Dalam rapat pengurus (4/03/2014), beberapa pengurus menyampaikan bahwa hasil uji coba dirasa sangat efektif. Hal tersebut seperti yang diungkap oleh bendahara koperasi, Jumikem (39),”setelah dibuka kantor setiap hari rabu, angsuran lebih tertib dan tidak ngantri mbk”___.

Tidak hanya itu saja, ternyata dengan bukanya kantor setiap hari Rabu, banyak anggota koperasi yang melakukan konsultasi terkait masalah usah. hal tersebut memperlihatkan bahwa fungsi dan manfaat ruang konsultasi tidak hanya mempermudah layanan simpan-pinjam saja. Akan tetapi, juga sebagai “Ruang Konsultasi” bagi anggota yang mengalami kesulitan dalam hal usaha atau dalam hal lain.

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh ketua koperasi, Ngatemi (48), “Pelayanan ternyata tidak hanya simpan-pinjam, tapi juga menampung uneg-uneg (curhartan hati) dari para anggota koperasi terkait masalah ekonomi dan masalah yang lainnya, sampai-sampai kita kualahan melayaninya”.

Melihat kondisi tersebut, pengurus koperasi telah mengambil keputusan bahwa dibukanya kantor tidak semata-mata hanya untuk melayani aktivitas simpan-pinjam, tetapi juga menjadikan ruang konsultasi bagi anggota koperasi yang akan berbagi  (sharing) terkait dengan permasalahn ekonomi ataupun masalah yang lainnya.

Sehingga kondisi tersebut memberi konsekuensi kepada pengurus untuk ada pembagian tugas, terkait dengan siapa yang akan bertugas melayani konsultasi dari anggota maupun masyarakat.

Dalam rapat pengurus telah diputuskan terkait dengan pembagian tugas pengurus setiap jam kantor buka. Dimana untuk masalah simpan-pinjam akan di pegang oleh bendahara koperasi. Kemudian untuk knsultasi, sementara di pegang oleh ketua koperasi. Apabila memungkinkan pengurus yang lain diminta hadir juga.

Ruang Konsultasi

Ruang konsultasi merupakan ruang yang sangat strategis untuk mengakomodir kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat khususnya anggota koperasi.

Dengan adanya ruang konsulatsi, informasi yang muncul tidak hanya masalah ekonomi, akan tetapi masalah yang lain seperti; masalah sosial, budaya, politik dan masalah yang lainnya.

Selama ini, terlihat bahwa koperasi-koperasi di Indonesia jarang yang mempunyai ruang konsultasi bahkan tidak mempunyai. Apakah karena anggotanya tidak membutuhkan atau  faktor yang lain, itu adalah persoalan lain.

Jelasnya ruang konsultasi sangat bermanfaat bagi anggota koperasi, masyarakat umum, maupun bagi koperasi itu sendiri. adapun manfaat dari adanya ruang konsultasi adalah:

Anggota

  • Anggota bisa menyampaikan keluh kesah terkait dengan pelayanan koperasi.
  • Anggota bisa berbagi terkait dengan permasalahan usahanya.
  • Anggota bisa memberi masukan kepada koperasi.
  • Anggota bisa memperoleh informasi terkait dengan perkembangan koperasi.

Koperasi

  • Koperasi bisa meningkatkan pelayanannya
  • Koperasi bisa mengetahui kebutuhan anggotanya.
  • Koperasi akan dirasakan kemanfaatannya oleh anggota.
  • Koperasi bisa memberi masukan dan alternatif solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh anggotanya
  • Banyak masyarakat yang tertarik dan bergabung menjadi anggota koperasi
  • Tertariknya pihak ke-3 (investor) akan menanam modalnya ke koperasi

Masyarakat Umum

  • Masyarakat akan lebih mengenal koperasi yang ada di wilayahnya.
  • Kesadaran masyarakat tentang berkoperasi akan meningkat.
  • Iklim berkoperasi akan semakin meningkat.

Begitu banyaknya manfaat terkait dengan keberadaan ruang konsultasi, maka agar lebih baiknya koperasi yang lain juga membuka ruang konsultasi bagi anggotanya, seperti yang dilakukan oleh koperasi Karya Perempuan Mandiri (KPM)

Surakarta, 12 Maret 2014

Yuliana

This entry was posted in Catatan Lapangan, KOPWAN Karya Perempuan Mandiri and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s