Ongkos Untuk Pelayanan Publik Kita

Pelayanan publik geratis akhir-akhir ini di gembar-gemborkan dimana-mana. Mulai dari slogan “Tidak Menerima Uang atau Bantuan Dalam Bentuk Apapun” sampai pada sloga “Budaya anti KKN”.

Rasa-rasanya slogan itu hanya sekedar slogan dan tidak menjadi spirit bagi beberapa pelayan publik. Hal tersebut seperti yang diungkap oleh beberapa pengguna layanan publik (21/ 05/ 2014).

Hal tersebut baru dalam pengurusan administrasi untuk pengajuan dan belum tentu akan mendapatkan bantuan tersebut tapi para pengguna layanan masyarakat sudah harus mengeluarkan uang untuk mengurus persyaratan administrasi tersebut.

Cukup variatif biaya yang dikenakan, mulai dari Rp 5.000,-, Rp. 25.000,- sampai pada Rp 100.000,- dalam mengurus beberapa administrasi yang disyaratkan.

Modusnyapun cukup bervariasi mulai dari kata-kata, “harus pangerten”, “jangan ngeyel, manut saja”, “kalau sudah dapat ya, tahu diri”, “Ini seharusnya bukan pekerjaan saya, jadi nanti yang ngurusi juga dikasih uang lelah.”

Modus-modus tersebut sangat mudah untuk diidentifikasi. Hanya saja masyrakat yang menggunakan pelayanan publik banyak yang engga kejadian tersebut untuk dilaporkan atau diungkap ke masyarakat umum.

Mereka beralasan takut kalau di penjara, nama baik dipertaruhkan, dituduh fitnah dan lain sebagainya.

Kondisi diatas mengindikasikan bahwa benar pemerintahan bersih dibeberapa tempat hanya sekedar sloga. Dan sudah seharusnya pemerintah mengambil bagian untuk melakukan reformasi birokrasi.

 

Surakarta, 30 Mei 2014

Yuliana Paramayana

 

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s