Bukan Indrayanti, tapi Pulangsawal

“Ternyata pantai yang kita kenal di pesisir pantai selatan Gunungkidul itu, namanya bukan pantai Indrayanti”

Pantai IndrayantiDalam kesempatan wawancara saya dengan  salah satu pengurus Kopwan “Mina Mandiri” (Budiyah/ 48), saya menemui beberapa cerita unik. Dimana, Kopwan “Mina Mandiri” yang letaknya di wilayah pesisir pantai selatan di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul memiliki sederet pantai yang sangat luar biasa indahnya.

Pada waktu itu (20/06/2014)__Dalam akhir wawancara tidak sengaja saya menannyakan beberapa hal terkait dengan nama-nama pantai ada disana. Pertanyaan tersebut menyasar pada salah satu pantai yang cukup terkenal yaitu Pantai Indrayanti.

Namanya kok, pantai “Indrayanti”?

Ternyata setelah ditelusur nama pantai “Indrayanti” adalah nama gabungan dari 2 pengusaha asal kota Yogyakarta yaitu Indra dan Yanti. Indra dan Yanti adalah pasangan suami-istri yang mempunyai usaha dipantai tersebut. Mereka mengontrak wilayah di pinggiran pantai Indrayanti selama kurang lebih 10 tahun.

Sebenarnya, sesuai dengan nama-nama pantai yang tercatat dalam buku keadministrasian pemerintah Kabupaten Gunungkidul nama asli pantai Indrayanti adalah Pantai “Pulangsawal”. Karena café yang dikelola pasangan suami-istri itu maka pantai itu terkenal dengan nama panati “Indrayanti”

 

Surakarta, 3 Juli 2014

Yuliana Paramayana

This entry was posted in catatan unik and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s