Pencari Keadilan

Malam diskusi bersama teman-teman jaringan solo raya (20/ 08/ 2014)_.Kali ini jaringan perempuan dalam wadah Jejer Wadon bekerjasama dengan SIGAB mengadakan bedah film dan diskusi dengan judul “Pencari Keadilan”.
Film ini menggambarkan sedikit tentang realitas diskriminasi terhadap kaum difabel ditengah masyarakat. Khusus bagi para perempuan difabel, mereka sering mendapatkan perlakukan pelecehan seksual bahkan sampai pemerkosaan berkali-kali oleh lingkungan sekitar (rumah, masyarakat dan sekolah).

Selain itu, film ini juga menceritakan bagaimana perjuangan kaum difabel dalam berhadapan dengan hukum. Bahkan seringkali penegak hukum gagal paham atas penyelesaian kasus yg dihadapi para difabel. Hal tersebut seperti diungkap oleh salah satu narasumber (Purwanti) berikut, “sering penegak hukum menginformasikan bahwa tuna daksa itu tidak bisa diproses karena tidak ada pasalnya”. Padahal menurut beliau, tuna daksa adalah bagian dari difabel jadi seharusnya bisa diproses.

Dalam pembuatan film sendiri, komunitas difabel juga mengalami kesulitan karena komunikasi diantara mereka yang bera beragam. Tapi menurut salah satu narasumber (Fany Chotimah), film difabel “Pencari Keadilan” menyampaikan bahwa karena keberagaman tersebut maka film tersebut sangat syarat makna. Dimana menurut beliu melibatkan empat penyandang disabilitas dalam pembuatan film itu tidaklah mudah dan ketika mereka mampu membuat filmtersebut maka itu adalah hal yang sangat luar biasa.

Dengan adanya film ini, menurut beliau (Fany Chotimah), hal tersebut adalah media yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan-pesan dan pendidikan bagi masyarakat tentang kehidupan kaum difabel atau disabilitas. Maka sudah selayaknya kampanye-kampanye melalui media film terus digalakan. (Yuli)

This entry was posted in Reportase and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s