Baik-buruk perkembangan koperasi

Rabu (28/08/3014)_Seperti agenda biasa, setiap bulan 3 kopersi di Gunungkidul Yogyakarta yaitu koperasi Karya Perempuan Mandiri di desa Watusigar, koperasi Mitra Usaha Perempuan di desa Kampung dan koperasi Sekar Arum di desa Semin mendapat monitoring dari LSM yang mendamoingi yaitu YSKK (Yayasan Satu Karsa Karya).

Hal-hal yga dimonitorinh diantaranya adalah terkait dengan usaha simpan-pinjam,usaha dagang atau lainnya dan keuangan koperasi.

Terkait dengan keuangan koperasi, ketiganya telah membuat laporan neraca dan rugi-laba koperasi. Dimana masing-masing koperasi menunjukan perkembangan yang berbeda-beda.

Sementara untuk usaha simpan-pinjam koperasi, kopersi Sekar Arum tidak terdapat kredit macet, koperasi Mita Usaha perempuanvmenglami kredit macet kurang dari 1jt dan kopersi Karya Perempuan Mandiri mengalami kredit macet lebih dari 1 jt.

Untuk usaha dagang koperasi Sekar Arum mulai memasarkan produk-produk ke toko dan pasar. Selain itu, koperasi akan mulai merintis penyediaan packing produk. Sedangkan usaha dagang koperasi Karya Perempuan Mandiri lebih fokus pada penarikan produk di toko untuk kemudian teruskan oleh anggota sendiri.

Untuk usaha gaduhan kambing kopersi Mitra Usaha Peremouan, perkembangannya cukup baik. Dimana jumalah kambing yang awalnya 10 ekor per Desember 2013, sekarang menjadi 23 ekor. Dimana dari 23 ekor terdapat 1 ekor kambing yang mati, sehingga jumlah kambing menjadi 22 ekor. Dan saat ini terdapat 2 ekor kambing yang mengalami bunting.

Demikian hasil monitoring 3 koperasi secara umum.

Surakarta, 29 Agustus 2014

Yuliana Paramayana

Aside | This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s