Mengenal wajah-wajah baru

Minggu (7/ 09/2014), tepat 10 tahun meninggalnya Munir. Pada hari ini pula pelatihan CEFIL II diadakan oleh Yayasan Satu Nama.

Dimana pada tahun 1997, aktivis Munir adalah bagian dari pesertanya. Mengingat hal tetsebut, diharapkan pelatihan CEFIL kali ini dapat meneruskan perjuangannya terhadap penyelesaian kasus pelanggaran-pelanggaran HAM.

CEFIL II kali ini diikuti oleh 23 orang dari 20 organisasi di 8 provinsi. Dimana dari 23 peserta, 6 diantaranya peserta perempuan dan 17 peserta laki-laki.

CEFIL II adalah satu rangkain dari CEFIL I dan CEFIl III. Dimana tujuan satu dengan yang lainnya sangat berbeda tapi punya keterkaitan.

Diawal sesi hari pertama, peserta diajak untuk saling berkenalan dan menuliskan harapan dengan menggunakan gambar. Kemudian setelah itu, peserta diminta mendeskripsikan apa itu “Intelektial sejati”

Setelah saling kenal, fasilitator (Insan Kamil) mengajak peserta untuk melakukan overview CEFIL II, alur proses dan persiapan live in.

Dalam sesi perkenalan, peserta diajak memperkenalkan diri dengan menggunakan istilah buah, semisal nama Dewi, kemudian menggunakan istilah buah “Durian”. kemudian setelah satu peserta mengenalkan diri maka peserta lain mengulang nama peserta sebelum yang berkenalan dan kemudian peserta juga memperkenalakan diri dan seterusnya.

Masuk di alur proses, fasilitator mengajak untuk masing-masing peserta mengambil gambar yang telah disediakan Gambar tersebut berisi tentang peristiwa sejarah bangsa Indonesia. kemudian masing-masing perserta diminta untuk mendiskripsikannya. Ada peserta yang memperoleh gambar Soeharto, Harmoko, Soekarno, peristiwa ’98, pembantaian PKI dan Gerwani.

Kemudian secara singkat fasilitator membacakan apa yang akan dilakukan, kemudian penggunaan metode dalam pelatihan dan hasil yang diharapkan.

Setelahnya kami packing untuk menuju lokasi Ansos di Dusun Bolang, Panggang, Gunungkidul. Kami berangkat tepat pukul 21.00 WIB dan sampai lokasi pukul 23.00 WIB.

Surakarta, Rabu, 11 Oktober 2014

Yuliana Paramayana

Pertama-tama peser via WordPress for Phone http://goo.gl/j6Fzhf

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s