KWT dan Koperasi Saling Bekerjasama

WP_20140220_006Lanjut perjalanan saya berikutnya ke Desa Semin, setelah saya melakukan diskusi bersama dengan para perempuan di Gununggambar (22/ 09/ 2014).

Pertemuan di Desa Semin adalah pertemuan anggota koperasi “Sekar Arum” yang diadakan setiap tanggal 22. Pertemuan tersebut dihadiri sekitar 26 perempuan (50%) anggota  koperasi.

Dalam pertemuan dihadiri pula ketua KWT (Kelompok Wanita Tani) Desa Semin (Sri/ 42). Dimana kelompok tersebut membawahi KWT-KWT ditingkat padukuhan. Adapun aktivitas-aktivitas yang dilakukan adalah melakukan pengolahan hasil pertanian.

Produk-produk yang sudah dihasilkan para KWT tersebut adalah ada manggleng, gatot instan, tiwul, pati garut, emping garut, dan lain-lainya. Yang mana produk-produk tersebut tergolong produk setengah jadi.

Produk-produk yang setengah jadi tersebut dibenarkan oleh ketua KWT desa. Hal tersebut dikarenakan memang fungsi dari KWT adalah sebagai ketahanan pangan desa (untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang) sehingga barang-barang bisa disimpan dalam jangka waktu lama.

Melihat potensi tersebut, akhirnya koperasi melihat peluang dan akhirnya terdapat kerjasama antar koperasi dan KWT. Dimana KWT sebagai penyedia produk-prodak hasil olah pertanian dan koperasi sebagai pemasar. Karena sebagain besar anggota KWT adalah anggota koperasi pula.

Meskipun demikian, koperasi akan selalu mendorong KWT untuk tidak berhenti pada olahan hasil pertanian yang setengah jadi, tapi koperasi juga mendorong agar sebagian besar hasli olahan adalah produk yang siap makan dan siap jual.

Sebagai tahap selanjutnya, koperasi akan mengajukan proposal ke Dinas PERINDAGKOP & ESDM bagian Industri Kabupaten Gunungkidul untuk pengadaan peralatan dan pelatihan terkait dengan Packing.

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s