Memotret kondisi keuangan koperasi..

Memotret kondisi keuanga koperasi adalah rutinitas bulanan yang harus saya lakukan untuk mengetahu sejauh mana perkebangan sebuah koperasi.

Senin (29/ 09/ 2014) saya bersama dengan temen-temen pengurus Kopwan Karya Perempuan mandiri Desa Watusigar, Ngawen, Gunungkidul melakukan pengecekan kondisi riil koperasi.

Kenapa koperasi Karya Perempuan Mandiri? Karena koperasi yang lainnya dana yang dikelola masih kecil dan secara administrasi telah dilakukan monitoring. Sedangkan Kopwan Karya Perempuan Mandiri dana yang dikelola cukup lumayan besar dan secara administrasi belum dilakukan pengecekan.

Awal dalam monitoring saya didampingi oleh ketua dan wakil bendahara koperasi. tidak didampingi oleh ketua bendahara karena yang bersangkutan baru menghadiri undangan terkait dengan akses modal bagi koperasi.

Bahwasanya posisi keuangan Kopwan Karya Perempuan Mandiri pada bulan Agustus 2014 adalah sebagai berikut:

Jumlah kekayaan Rp 179.743.469,- dimana jumlah kekayaan tersebut di hutangkan senilai Rp 171.339.400,- di simpan di bank senilai Rp 2.848.500, di kas senilai Rp. 1.719.814 dan inventaris senilai Rp. 3.835.755. Sedangkan posisi laba bersih adalah sejumlah Rp. 22.034.450,-.

Dalam pengecekan atau pengauditan koperasi baru bisa melakukan pengecekan pada jumlah simpanan wajib dan simpanan pokok anggota koperasi. Sedangkan untuk simpanan sukarela dan jumlah piutang masing-masing pitang akan dilaksanan dibulan Oktober 2014.

Hal tersebut dilakukan agar dalam persiapan RAT tidak ada kendala sesuatu apapu.

Surakarta, 29 Septemeber 2014

Yulianan

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s