Menunggu PERMENDAGRI UU Desa

UU DesaDalam diskusi UUD No 6 Tahun 2014 (10/ 10/ 2014) di Rumah Makan Oishi, Besari, Siraman, Gunungkidul, salah satu narasumber dalam diskusi menginformasikan bahwa dalam rangka menyambut implementasi UU tersebut, pemerintah desa harus segera melakukan revisi RPJMDes.

Demikian-pun Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Gunungkidul, mereka harus menyiapkan kurang lebih 8 perbub atau perda, seperti halnya perda tentang penggajian kepala desa, tata kelola lembaga desa, perangkat desa dll.

Meskipun demikian beberapa SKPD yang hadir dalam diskusi tersebut seperti dari Pemerintahan Desa, BAPPED, BPMP & KB, menginformasikan bahwa pemerintah Kabupaten belum bisa melakukan hal tersebut dikarenakan alokasi anggaran dari pemerintah pusat belum diedarkan.

Kemudian selain itu, Permendagri yang menjadi acuan untuk membuat Perda atau Perbub juga belum turun. Sehingga tidak mungkin pemerintah kabupaten mendahului pemerintah pusat untuk membuat perda atau perbub (tanggapan dari BAPPEDA Kabupaten Gunungkidul)

Acara yang semula diikuti kurang lebih 28 orang dari berbagai macam elemen mulai berkurang menjadi 15 orang pasca sholat Jum’at. Setelahnya dari 15 peserta tersebut melakukan pemetaan adn rencana tindak lanjut.

Karena banyaknya pihak-pihak yang mempunyai kepentingan diluar kegiatan tersebut maka acara yang seharunya selesai pada pukul 16.30 WIB maka dipadatkan sampai pukul 14.00 WIB. Peserta diminta untuk menuliskan apa yang menjadi rencana tindak lanjut untuk di komunikasikan kepada setda kedalam secarik kertas, kemudian untuk selanjutnya akan di kolektifkan oleh fasilitator.

Surakarta, 13 Oktober 2014

Yuliana Paramayan

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s