Sedikit Demi Sedikit…

Ungkapan diatas adalah ungkapan yang relevan ketika saya mendapingi bendahara koperasi Karya Perempuan Mandiri Desa Watusigar, Ngawen, Gunungkidul dalam belajar soft ware Microshoft Exel pada hari kemarin (15/10/2014).

Orang yang terbiasa menggunakan komputer atau laptop dengan orang yang tidak terbiasa sangat terasa sekali perbedaanya. Orang yang belum terbiasa dengan benda-benda seperti laptop, jika ingin mengajari harus benar-benar dari nol dan langsung aplikatif. Selain itu dibutuhkan kesabaran yang ekstra dan bahasa yang mudah dipahami.

Dalam awal melatih, pendamping harus terlebih dahulu mengenalkan apa saja yang ada di key board, kemudian apa saja yang ada di menu tools bar sampai pada fungsinya. Setelahnya pendamping mengenalkan langsung pada pokok bahasan mengenai ruang lingkup program excel. Pendamping menjelaskan kolom-kolom yang ada, bagaimana menjumlahkan, bagaimana mengurangi dll.

Teori tanpa praktek itu hanya ilusi, maka dari itu diawal prakteknya, pendamping mengajak bendahara untuk melihat  bagaimana pendamping mengoprasikan program MC Excel. Setelahnya pendamping meminta bendahara untuk melakukannya secara mendiri dengan bimbingan.

Tapi memang tidak mudah melatih dari nol, harus setahap demi setahap, dan rutin dilakukan. Meskipun demikian pelatih dituntut untuk lebih ekstra sabar.

Pelatihan seperti ini tidak bisa dilakukan bersama-sama, karena jika dilakukan bersama-sama justru banyak menimbulkan pertanyaan dan kurang efektif. Sebagai rencana tindak lanjut, kegiatan penggunaan laptop dalam inputing data keuangan di excel akan dilanjutkan pada minggu ke-4 bulan Oktober 2014

Surakarta, 16 Oktober 2014

Yuliana

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s