Sedikit demi sedikit mulai menuai benih yang ditanam…

Terlihat nampak wajah penuh semangat dan ceria dari pengurus WP_20131114_004koperasi wanita Mitra Usaha Permpuan setelah lama tidak ketemu.

Biasa apabila rapat pengurus koperasi selalu telat dan molor, kali ini tidak. Mereka datang diawal waktu sebelum agenda rapat dimulai. Setelah dilihat dari jarak yang cukup dekat ternyata mereka sedang melakukan pencatatan dan penertiban administrasi koperasi.

Rapat pengurus pada tanggal 29 Oktober 2014 ini dihadiri oleh seluruh pengurus (100%). Dalam rapat pengurus tampak nyata kenapa pengurus koperasi begitu semangat dan ceria. Ternyata dalam perkembangannya, jumlah anggota koperasi meningkat dan usaha gaduhan kambing menghasilkan laba yang cukup menjanjikan.

Anggota koperasi setelah dua bulan mengalami stagnan, pada bulan oktober jumlah anggota mengalami peningkatan sebanyak 11 orang (14,47%).

Peningkatan jumlah anggota

Keputusan koperasi di awal tahun dalam memilih usaha gaduhan kambing  ternyata membuahkan hasil yang cukup signifikan. Signifikansi ini terlihat dari laba yang dihasilkan dari usaha gaduhan kambing.

Belum jalan genap satu tahun usaha gaduhan kambing dari nilai investasi sebesar Rp. 8.325.000,- telah menghasilkan laba bersih senilai Rp.2.320.000,- ditambah dengan 6 anakan kambing yang belum terjual.

Selain itu anggota juga merasa sangat terbantu dengan adanya usaha gaduhan kambing, karena anggota bisa menjadikan kambing sebagai nilai investasi dalam kehidupannya. Hal tersebut seperti kutipan yang diungkap oleh salah satu anggota koperasi yang menggaduh kambing berikut ini:

“Wah mbk…kambingku beranak lagi…sekarang kambingku jadi banyak dan bisa buat tabungan buat persiapan nyekolahkan anak….” (Harti/ 29)

Ungkapan-ungkapan tersebut ternyata menyebar luas ke masyarakat sehingga banyak masyarakat yang bertanya-tanya. Melalui tanya-tanya yang dilakukan oleh masyarakat tentang koperasi secara tidak langsung telah mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan koperasi yaitu jumlah anggota mengalami peningkatan seperti tersebut di paragraph sebelumnya.

Selain itu,  jumlah anggota yang mendaftar untuk menjadi penggaduh juga mengalami peningkatan. Informasi dari pengelola usaha gaduhan kambing, jumlah anggota yang sudah antri mendaftar adalah sebanyak 12 orang. Sementara kondisi koperasi secara permodalan belum mampu memenuhi kebutuhan usaha gaduhan kambing dan usaha simpan-pinjam secara menyeluruh.

Meskipun demikian, dengan melihat adanya progres yang baik dari usaha gaduhan kambing, koperasi berniat untuk meningkatkan jumlah modal untuk usaha tersebut.

Mereka memandang bahwa selain meningkatkan laba yang lebih  dibanding usaha simpan-pinjam, resiko usaha gaduhan kambing dipandang sangat sedikit dan manfaatnya sangat dirasakan langsung oleh anggota. Kemudian dari pada itu, usaha gaduhan kambing juga menjadi daya tarik masyarakat luas untuk bergabung.

Surakarta, 4 November 2014

Yuliana Paramayan

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s