Menekan angka kredit macet sebelum RAT

Tak mudah rasanya menekan angka kredit macet dalam usahaupload_yuli simpan-pinjam. Sering kita temui teori-teori dalam buku ekonomi cara untuk menekan angka kredit macet, tapi ternyata itu hanya mudah diteori tapi susah untuk diimplementasikan.

Begitulah yang dirasakan oleh para pengurus koperasi Karya Perempuan Mandiri di Desa Watusigar, Ngawen, Gunungkidul. Dalam rapat pengurus (12/11/2014)__, diperoleh informasi bahwa tingkat kredit per 31 Oktober 2014 senilai Rp 5.580.000,- atau sebesar 3,04%.

Padahal dalam rencana kerja tahun 2014, koperasi menargetkan angka kredit macet di bawah 3%. Karena bagi koperasi, tingkat kredit macet diatas 3 % merupakan prestasi yang menurun karena pada tahun sebelumnya (2013) tingkat kredit macet koperasi dibawah 3%.

Dalam rangka menekan angka kredit macet, pengurus koperasi Karya Perempuan Mandiri dalam rapat pengurus menyusun berbagai strategi. Salah satu strategi utama yang akan diterapkan adalah mendatangi rumah anggota satu persatu tanpa melakukan pemberitahuan.

Pengalaman mereka ketika ada surat pemebritahuan para annggota yang macet angsurannya justru tidak ada dirumah. Selain itu pengurus akan melibatkan orang yang berpengaruh diwilayahnya. Jika semuanya tidak bisa menekan angka kredit macet, maka koperasi terpaksa akan melakukan penyitaan harta yang mereka miliki.

Hal tersebut dilakukan agar anggota juga merasa sungkan dan malu, karena sanksi social dipandang jauh besar konsekuensinya dibanding dengan ancaman-ancaman dengan menggunakan pihak ke-3.

Selain menekan angka kredit macet, pengurus juga melakukan evaluasi kinerja pengurus dan persiapan-persiapn teknis dan substasi terkait persiapan RAT untuk tahun buku 2014.

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s