Butuh Kesabaran Dalam Belajar Mengoperasionalisasikan Komputer

Tidak mudah bagi pemula yang belum pernah memegang laptop langsung belajar program excel. Begitulah yang dirasakan oleh para pengurus koperasi wanita “Karya Perempuan Mandiri” pada pertemuan ke-3 (20/11/2014) penggunaan program excel dalam pembukuan keuangan koperasi.

Meskipun demikian para pengurus khususnya bendahara tampak terlihat semangat untuk menguasai dan menjalankan program excel. Dalam praktek penggunaannya ketua bendahara (Jumikem/ 39) selalau memeberi semangat dengan ungkapan, “Alon-alon mengko nak suwe-suwe nak yo lanya”.

Ungkapan,”Pelan-pelan, nanti lama-lama juga trampil” bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi motivasi tersendiri bagi bendahara koperasi dalam proses belajar.

Mereka menganggap penting untuk belajar komputer agar tidak selalu tergantung pada rentalan, pendamping, maupun orang lain. Selain itu belajar menggunakan komputer sangat mempemudah dalam menyelesaikan pekerjaan.

Terkait dengan pembukuan, mereka berpendapat bahwa belajar excel akan mempermudah bendahara dalam mendeteksi kesalahan sejak dini. Selain itu lebih bisa mengefektifkan dan mengefisiensikan waktu dalam pengerjaannya.

Hal tersebut seperti ungkapan ketua koperasi berikut, “Coba kalau kita bisa kayak gini (operasionalisasi komputer), pasti kita tahu kesalahan kita, dan cepat ngerjainnya”. (Ngatemi/52)

Sebagai rencana tindak lanjut dan pengurus trampil dalam menginput data keuangan, maka pengurus khususnya bendahara akan mencoba melanjutkannya sendiri.

Surakarta, 26 November 2014

Yuliana Paramayana

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s