Berani Tampil Meski Tak Bergelar

Pagi itu (14/12/2014)__. Koperasi Wanita Karya Perempuan kunjunganMandiri mendapatkan kunjungan dari Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) “Bangun Krida Mulya” Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo, Kodya Yogyakarta.

Rombongan yang berjumlah 7 (tujuh) orang tersebut bermaksud untuk melakukan studi banding terkait dengan tata kelola perkoperasian. hal tersebut seperti yang diungkap oleh coordinator BKM (Sugiarto, BSc/ 56) berikut ini:

” Tujuan dari kunjungan kami adalah ingin mengetahui bagaimana tata kelola koperasi di Kopwan Karya Perempuan Mandiri yang di kelola oleh para perempuan ibu rumah tangga.”

Ungkapan tersebutpun disambut hangat oleh ketua Kopwan Karya Perempuan Mandiri. Dimana pihak koperasi merasa masih perlu banyak belajar banyak hal tentang koperasi.  hal tersebut seperti diungkap oleh ketua koperasi (Ngatemi/52) berikut;

“Kami yang harusnya banyak belajar dari bapak-bapak dan ibu-ibu semua, tingkat pendidikan kami sangat rendah dan kami murni dari ibu-ibu dusun yang tidak tahu apa-apa.”

Meskipun demikian coordinator BKM tetap mengapresiasi semangat para pengurus yang selama kurang lebih 4 tahun telah mampu membangun koperasi dan mengumpulkan asset sebanyak kurang lebih 170 juta.

Memang benar adanya, ternyata setelah perkenalan, terdapat perbedaan yang signifikan, pengurus BKM yang hadir semua bergelar dan tak satupun dari semua rombongan yang hadir tak bergelar, sementara seluruh pengurus koperasi, tak satupun ada yang bergelar.

Ada dan tidaknya gelar ternyata tidak mempengaruhi para pengurus koperasi untuk tampil dan mempresentasikan mengenai perkembangan koperasi dari tahun ke tahun.

Tanpa keraguan, mereka sangat PD (Percaya Diri) dan lantang dalam memaparkan materi yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Satu sama lain saling menabahi jika terdapat kekurangan dalam melakukan presentasi.

Hasilnyapun, para pengurus BKM salut dan berterimakasih karena pengurus telah menyiapkan segala sesuatunya.

Meskipun demikian kedua belah pihak akhirnya saling “Ngangsu Kaweruh” (Saling menimba ilmu) atas pengalaman masing-masing dalam menjalankan tata kelola usaha dimasing-masing lembaga.

Surakarta, 17 Desember 2014

Yuliana Paramayana

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s