Dari Ujung Utara Sampai Ujung Selatan

Cukup melelahkan rasa-rasanya perjalananku beberapa hari terakhir ini. Hari ke-3 saya ke Kabupaten Gunungkidul (15/12/2014), saya harus dipaksa untuk menjelajahi dari wilayah Gunungkidul bagian utara, tengah kemudian kebarat, keselatan dan ketimur.

Mau tidak mau itulah yang harus saya lakukan, saya harus mengantar surat dari koperasi satu ke koperasi lain untuk menghadiri kegiatan yang telah saya rencanakan yaitu diskusi terbatas pada hari Kamis, 18 Desember 2014 di Ruang Setda IV Kabupaten Gunungkidul.

Kelelahan dan keterpaksaanku akhirnya membawa hikmah yang sangat luar biasa. Selain semua surat tersampaikan kepada semua orang yang akan diundang, saya juga sempat bertemu dan berbincang  dengan beberapa pejabat-pejabat yang ada di Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di Kabupaten Gunungkidul.

Dalam pertemuanku dengan bapak Sigit (Kepala bagian Koperasi), saya sempat menanyakan beberapa hal terkait dengan diperlakukannya UU No 25 tahun 1992 tentang koperasi, khususnya terkait dengan pendirian koperasi.

Ternyata dari bincang-bincang, saya mendapat petunjuk bahwa terdapat perubahan dalam persyaratan administrasi dalam pengurusan badan hukum koperasi. Sehingga pada akhirnya saya melakukan klarifikasi dan meminta beberapa file terkait dengan syarat-syarat tersebut.

Setelahnya saya bertemu dengan Mantan Camat Ngawen (wilayah dampingan) yang sekarang duduk di DPPKAD dan mantan kelapa d Dinas Perindagkop ESDm yang sekarang menjadi staf ahli bupati.

Sangat ramah meraka menyapaku dibanding dengan bawahan-bawahannya yang acap kali menganggap remeh, cuek dan agak galak.

Surakarta, 17 Desember 2014

Yuliana Paramayana

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

