Pemkab Gunungkidul Siap Fasilitasi Pembentukan Asosiasi Koperasi Perempuan

Dalam bincang-bincang bersama Dinas Perindagkop ESDM dan

Diskusi Terbatas YSKK, Dinas Perindagkop ESDM dan Koperasi Perempuan di Ruang Rapat IV Setda Kabuapetn Gunungkidul

Diskusi Terbatas YSKK, Dinas Perindagkop ESDM dan Koperasi Perempuan di Ruang Rapat IV Setda Kabuapetn Gunungkidul

para pengurus koperasi perempuan di Kabupaten Gunungkidul mengenai temuan hasil penelitian yang dilakukan oleh YSKK (Yayasan Satu Karsa Karya) kemarin (18/12/2014), banyak hal menarik yang menjadi catatan.

Penelitian mengenai “Peluang dan Tantangan Pengembangan Koperasi Perempuan di Kabupaten Gunungkidul” mengambil sampel seluruh koperasi perempuan di Kabupaten Gunungkidul yang masih aktif yaitu sebanyak 8 koperasi.

Temuan tersebut mampu membukakan mata semua pihak yang hadir khususnya pemerintah kabupaten melihat kondisi riil koperasi perempuan di Kabupaten Gunungkidu.

Secara lugas dalam peparannya (Yuliana/27) menyampaikan bahwa jumlah koperasi perempuan di Kabupaten Gunungkidul hanya 4% dari jumlah seluruh koperasi yang ada (286).

Sementara dari jumlah keanggotaan dan asset yang dimiliki, jumlah anggota koperasi perempuan hanya 1% dari jumlah anggota secara keseluruhan dan assetnya hanya 1% dari jumlah keseluruhan asset yang dimiliki oleh seluruh koperasi.

Dari segi kebijakan dan regulasi, belum ada regulasi dan kebijakan yang dibuat pemerintah daerah untuk mendorong tumbuh kembangnya koperasi perempuan.

Program kerja yang selama ini ada masih sangat monoton dan tidak ada inovasi sama sekali. Sedangkan dari anggaran, koperasi dan UMKM hanya mendapatkan 0,3% dari total APBD pada tahun 2014.

Sementara pada tahun 2015 jumlah tersebutpun semakin turun karena ada pemangkasan. Hal tersebut seperti 7yang di ungkapan  Kepala Bagian Koperasi (Saryoto/52) berikut ini:

“Memang sedikit mbk anggaran untuk bidang kami tahun 2014, apalagi untuk tahun 2015 ini, kami banyak pemangkasan.”

Paparan selanjutnya, Yuliana (27) menyampaikan bahwa pengkaderan pengurus koperasi belum begitu diperhatikan. Hal tersebut dapat dilihat bahwa rata-rata usia pengurus koperasi  48% diatas 50 tahun.

Sedangkan dari segi kapasitas, rata-rata pengurus koperasi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir hanya mendapatkan pelatihan 1-3 kali.

Melihat kondisi tersebut, Dinas Perindagkop ESDM sebagai wakil dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui kepala bagian Keorganisasian (Ratna Madyaningtyas/ 42) menyampaikan bahwa dinas koperasi akan memfasilitasi adanya wadah, wadah tersebut bisa dalam bentuk asosiasi. Hal tersebut seperti kutipan berikut ini;

“Melihat kondisi kelembagaan koperasi yang masih sangat lemah, kami kedepan akan berusaha memfasilitasi koperasi perempuan untuk membentuk wadah, bisa dalam bentu asosiasi, sehingga nanti koperasi satu dengan yang lain bisa saling belajar dan bisa jadi asosiasi untuk melakukan check dan re-check.”

Pernyataan itupun disambut positif oleh para pengurus koperasi perempuan. Meraka berharap dengan adanya wadah baik dalam bentuk asosiasi ataupun lainnya, gerakan koperasi perempuan kedepan bisa semakin kuat dan soulid. Sehingga cita-cita untuk mensejahterakan dan memandirikan anggota bisa menjadi nyata. Hal tersebut seperti diungkap oleh ketua koperasi Karya Perempuan Mandiri (Ngatemi/51) berikut;

“Saya sangat sepakat dibentuk asosiasi, harapannya kami bisa saling belajar, misalnya bagaimana meningkatkan asset yang sampai 3 M seperti di Mina Mandiri, bagaimana mengatasi kredit macet, maupun bagaimana meningkatkan jumlah anggota.”

Sebagai salah satu penutup, peserta diskusi mendorong untuk pembentukan wadah bagi koperasi perempuan di Kabupaten Gunungkidul diharapkan menjadi salah satu rekomendasi dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh YSKK.

Surakarta, 19 Desember 2014

Yuliana Paramayana

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s