Penerimaan Diri Menjadi Bekal Untuk Melangkah

Kemaren (07/01/2015)___. Koperasi Kopwan Karya Perempuan photo_kpmMandiri Desa Watusigar, Ngawen Gunungkidul paska RAT (Rapat Anggota Tahunan) untuk tahun buku 2014 pada Jum’at, 2 Januari 2015 melakukan rapat pengurus.

Rapat kali ini dihadiri oleh 8 pengurus dari 9 pengurus yang ada dan jika diprosentase sejumlah 88,88%. Seperti biasa rapat di lakukan di kantor Kopwan Karya Perempuan Mandiri di Dusun Randusari.

Evaluasi dan Refleksi menjadi topik utama dalam rapat pengurus kali ini. Setelahnya, pengurus menatap kedepan melihat kemampuan mereka untuk menggapai impian mereka yaitu impian untuk mensejahterakan para anggotanya.

Berawal dari beberapa carik kertas yang berisi saran, kritik dan tanggapan dari para anggota saat RAT menjadi pintu masuk untuk saling mengevaluasi.

Evaluasi dimulai dari capaian program kerja, pola komunikasi dan sampai pada personal pengurus koperasi.Setiap orang yang ada harus berbicara, tidak boleh menyela, tidak boleh ada forum dalam forum, dan harus mendengarkan ketika orang lain bicara.

Tidak mudah memang, tapi paling tidak semua mempunyai kesempatan bicara dan saling menilai rekan kerjanya masing-masing.

Tidak ada rasa sakit hati diantara mereka, itu yang saya lihat ketika masing-masing saling mengkritik dan terbuka dengan dirinya masing-masing.

Penerimaan pada diri masing-masing terlihat ketika semua saling sapa dan bercanda lepas di akhir sesi evaluasi. Itupun menjadi bekal mereka untuk melangkah dan menatap bersama untuk masa depan mereka dan koperasi menjadi lebih baik.

Catatat kecil hasil evaluasi diantaranya terkait dengan keluangan waktu pengurus di koperasi, pengurus sebagai teladan anggota, kapasitas pengawas, metode penagihan,  komunikasi, etika, sopan santun, pelaporan, tugas dan tanggungjawab masing-masing pengurus.

Setelahnya posisi masing-masing pengurus sedikit ada perubahan karena adanya kebijakan baru.

Pengurus mulai tahun 2015 lebih memfokuskan pada pemenuhan kebutuhan anggota baik dari segi permodalan, kapasitas, dan usahanya.

Karena sesuatu hal yang baru, maka pada tahun 2015 dalam pemberdayaan anggota koperasi terkait dengan usahanya, koperasi mengklompokan 3 jenis usaha yang layak untuk di data dan didampingi yaitu pertanian, dagang, dan peternakan.

Pertanian akan diampu oleh ibu Sri Biyanti, Peternakan akan diampu oleh ibu Tarmiyati dan di Bantu Ibu Sri Biyanti, sementara usaha dagang akan diampu oleh ibu Yatmini.

Harapannya dengan mengklompokan tersebut, koperasi mampu memastikan dan mencarikan relasi untuk memenuhi kebutuhan mereka (anggota).

Bersamaannya rapat dengan hari bukanya kantor koperasi untuk melayani para anggota, maka agenda rapatpun ditutup tepat pukul 14.00 WIB. Kemudian sebagai pengurus masih melakukan pembenahan form pembukuan untuk tahun buku 2015 nersama pendamping dari YSKK (Yuli/27).

Dilain tempat pasca rapat pengurus Kopwan Karya Perempuan Mandiri, Bendahara Pra Koperasi Sekar Arum Desa Semin-pun menyibukan diri untuk finlisasi inputing data keuangan. Bersama dengan pendamping, semua inputing selesai tepat pukul 17.45 WIB.

Surakarta, 8 Januari 2015

Yuliana Paramayan

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s