Latihan Drama Ala Ibu-ibu Koperasi

Senin (18/05/2015)___, Para pengurus koperasi dari 3 wilayah (Kampung, Watusigar, Semin) Gunungkidul melakukan pelatihan drama dalam rangka peringatan HUT Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) yang ke-14.

Pelatihan dalam rencana dimulai pada pukul 13.00 WIB, tapi dalam prakteknya karena ibu-ibu banyak yang telat maka pelatihan baru dimulai pukul 14.00 WIB. Jumlah pesertapun tidak sesuai dengan yang direncanakan. Sehingga dalam prosesnya terdapat beberapan peran yang dogantikan dari ibu-ibu pengurus koperasi yang ada.

Terdapat perubahan substansi dalam latihan drama teresbut. Karena memang dengan adanya perubahan peserta yang ikut pelatihan berdampak signifikan. Alur cerita yang awalnya melibatkan peran YSKK dalam proses pendampingan masuk bagian substansi drama, akhirnya dihilangkan dan diganti peran pemerinta kabupaten dalam mendampingi koperasi.

Terlihat pula ibu-ibu mengalami kesulitan, meski tidak sempurna akhirnya pelatihan drama selesai. Kemudian terkait dengan perlengkapan drama, ibu-ibu tidak mau ambil pusing  mereka tidak ada skenario apapun. Meski sudah diberi masukan, mereka tetap tidak mau ribet. Sehingga hasilnyapun terlihat garing dan kurang bergairah.

Pelatihanpun selesai tepat pada pukul 16.30 WIB dan beberapa pengurus mulai menyiapkan presentasi program dan menghafalkan beberapa teks bagi yang baru terlibat.

Surakarta, 25 Mei 2015

Yuliana Paramayana

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s