Pentingnya Inputing Data Keuangan Koperasi Guna Mendeteksi Kesalahan Sejak Dini

Setengah tahun sudah berjalan Koperasi Wanita Karya Perempuan Mandiri Desa Watusigar menjalankan usahanya di tahun 2015 ini. Banyak hal yang menjadi catatan bagi koperasi untuk di tindak lanjuti baik dari segi administrasi organisasi maupun program kerja yang telah dibuat pada tahun 2015.

Satu demi satu apa yang menjadi pekerjaan rumah tangga koperasi mulai di selesaikan. Pada hari Selasa, 16 Juni 2015, dimulai dari bendahara bersama pendamping dari Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) melakukan inputing data keuangan.

Hal itu penting, karena sejak Januari sampai Juni 2015 koperasi belum melakukan inputing data, pada hal jika terjadi kesalahan akan berdampak pada perbaikan secara menyeluruh pada laporan keuangan.

Diawal proses inputing, hal yang pertama dilakukan adalah melakukan inputing data simpanan di masing-masing pos laporan keuangan dengan menggunakan data pada BUM (Buku Uang Masuk) koperasi.

Karena jumlah anggota cukup banyak, maka proses inputing berjalan cukup lama. Meski lama, hasilnyapun tidak mengecewakan, dimana semua hasil inputing sesuai dengan apa yang tertulis pada laporan keuangan. Hal tersebut juga mengindikasikan bahwa bendahara dalam melakukan pencatatan selama ini cukup rapi, disiplin dan sesuai dengan real-nya

Mata kelihatannya mulai berkunang-kunang dan lelah, harusnya proses inputing data keuangan masih berlanjut pada tahap inputing untuk pos piutang, tapi proses dihentikan dan akan dilanjutkan pada hari berikutnya.

Hal tersebut penting, karena tidak baik memaksakan kondisi mata dan fisik yang kurang mendukung untuk mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan angka yang begitu banyak jumlahnya, kemudian harus check antara data yang satu dengan yang lain.

Akhirnya di sepakati, kegiatan proses inputing akan dilakukan pada hari Kamis, 18 Juni 2015 di kantor Koperasi Wanita Karya Perempuan Mandiri.

Surakarta, 17 Juni 2015

Yuliana Paramayana

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s