Pentingannya Menengok Apa yang Sudah Direncanakan

Jika seseorang tidak mempunyai tujuan maka seseorang tersebut sudah dipastikan tidak mempunyai rencana. Demikian sebaliknya ketika orang mempunyai rencana, sudah dipastikan mereka mempunyai tujuan. Hanya saja, apakah apakah rencana-rencana yang sudah dibuat itu sudah dilaksanakan untuk menggapai tujuan? Makah hal tersebut butuh kerja keras, fokus untuk satu tujuan dan selalu melihat apa yang sudah direncanakan sesuai atau tidak.

Rabu (24/06/2016), Koperasi Wanita Mitra Usaha Perempuan dalam rangka melihat sejauh mana mencapaian tujuan koperasi, para pengurusnya menelisik kembali rencana kerja yang telah direncanakan pada tahun 2015.

Hasil review, ternyata ada beberapa program kerja yang sudah terlaksana maupun belum terlaksana adapun capaiannya adalah sebagai berikut:

  1. Santunan pada bulan puasa akan diberikan kepada 24 anak yatim-piatu dan terlantar dengan nominal nilai per orang adalah Rp. 30.000,-
  2. Koordinasi sebulan sekali ke Dinas PERINDAGKOPESDM selalu terlaksana dan teragenda.
  3. Jumlah anggota sebanyak 106 orang atau target sudah mencapai 86,88%
  4. Kredit macet dibawah 1% yaitu 0,95%
  5. Pengadaan tabungan lebaran dan pendidikan tidak begitu diminati masyarakat. Karena masyarakat cenderung invest dalam bentuk barang atau hewan yang sewaktu-waktu bisa dijual.
  6. Simpanan sukarela belem memenuhi target. Cenderung turun dari tahun sebelumnya. Tapi pengurus meyakini bahwa setelah lebaran tabungan akan meningkat.
  7. Bunga pinjaman sudah diturunkan yaitu dari 2% menjadi 1,5%
  8. Jumlah induk gaduhan kambing belum mengalami peningkatan, justru berkurang 1 karena ada kematian. Meski demikian anakan kambing mengalami peningkatan dengan posisi sekarang jumlah anakan kambing sebanyak 14 ekor.
  9. Pengadaan inventaris belum dilakukan dan sementara ini masih menggunakan yang lawas.

Kemudian terkait dengan inputing data keuangan Kopwan Mitra Usaha Perempuan sudah melakukannya secara mandiri sampai bulan Maret 2015.

Karena bulan Juni 2015 adalah bertepatan dengan bulan ramadhan, maka koperasi akan memberikan parsel kepada pengurus sebagai ucpan terimakasih atau THR semampunya koperasi dengan nilai masing-masing orang sebesar Rp 50.000,- yang akan dibelikan makanan dan minuman.

Terlihat dari deskripsi diatas, bahwa melihat kembali program kerja yang telah direncanakan dalam peridoe tertentu sangatlah penting. Selain itu meningkatkan kesejahteraan pengurus agar semangat dalam mengurus koperasi juga penting. Demikianlah hal yang bisa ditarik pelajaran dari pengelolaan koperasi Mitra usaha Perempuan Pada Bulan Juni 2015 ini.

Surakarta, 25 Juni 2015

Yuliana Paramayana

This entry was posted in Catatan Lapangan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s